Stok menipis, harga gula pasir naik

Ilustrasi - pedagang mengemas gula pasir. (Antara Foto)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Minimnya pasokan gula pasir menjelang lebaran membuat harga barang pokok tersebut mengalami kenaikan secara drastis dari biasanya Rp11.000 hingga Rp15.000 per kilogram menjadi Rp18.000 per kilogram.

Ramli, salah seorang pedagang sembako di Pasar Peunayong mengatakan walaupun sekarang minat beli masyarakat sedang tinggi karena menjelang lebaran, namun kesiapan pemerintah untuk menyediakan kecukupan sembako di Banda Aceh dinilai masih belum maksimal.

“Kesiapan pemerintah untuk menyediakan sembako sangat kurang. Contohnya gula pasir belum pernah kita dengar mencapai harga Rp18.000 per kilogram. Walaupun ada masuk barang, cuma sangat sedikit,” ujarnya saat ditemui di tokonya, Minggu (26/6).

Ramli berharap agar pemerintah memberikan solusi untuk menyelesaikan permasalah ini. Walaupun sudah dibuatkan alternatif dengan pasar murah, namun hal tersebut dinilai masih kurang maksimal karena harga di pasar tetap naik.

“Walaupun sudah ada pasar murah, itu kan kurang efektif, karena harga murah diatur di pasaran,” pungkasnya. [Fahzian Aldevan]

Related posts