Bulog: Stok beras aman hingga Idul Fitri

Ilustrasi beras di gudang Bulog. (Kompas)

Langsa (KANALACEH.COM) – Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Drive Kota Langsa, Basri memastikan ketersediaan stok beras aman selama Ramadan dan Idul Fitri bahkan hingga enam bulan ke depan.

”Insya Allah stok beras kita aman. Sekitar 2000 ton standby untuk memenuhi kebutuhan puasa Ramadan dan lebaran Idul Fitri tahun 2016,” kata Basri di Langsa, Selasa (28/6).

Menurut Basri, meski hasil panen petani berkurang akan tetapi Bulog sudah menyediakan kebutuhan beras untuk Kota Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang selama enam bulan ke depan.

Seandainya stok beras Bulog Langsa telah berkurang, lanjut dia, maka pihaknya bisa meminta pasokan dari Bulog Banda Aceh.

Jumlah stok beras itu, sambungnya, merupakan cadangan beras pemerintah yang diperuntukkan untuk banjir, kebakaran, antisipasi nelayan tidak melaut dan melonjaknya harga.

Kemudian, ia mengatakan bila terjadi gejolak harga beras di pasar, maka pihaknya dapat melalukan operasi pasar dengan terlebih dahulu meminta persetujuan pemerintah daerah setempat.

“Jik ada gejolak harga beras dipasar, maka Bulog langsung turun tangan dengan melakukan operasi pasar. Namun operasi pasar itu terlebih dahulu harus ada izin dari pemerintah daerah,” jelas Basri.

Karenanya, Basri meminta masyarakat untuk tidak khawatir dengan persediaan beras menjelang hari raya Idul Fitri. [Antaranews]

Related posts