Kenali penyebab kram kaki di malam hari

Ilustrasi kaki. (Shutterstock)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Pernah terbangun dari tidur nyenyak karena merasakan kram pada kaki? Ternyata beberapa hal ini jarang diperhatikan, namun bisa menjadi penyebab kram. Kenali penyebabnya agar tidur tidak terganggu dan lebih lelap.

Rasa nyeri dan kaku di sekitar kaki yang kerap kali menganggu di malam hari itu, biasa disebut dengan kram kaki.

Walaupun kondisi ini tidak menyebabkan dampak apapun pada tubuh, namun ini sebenarnya indikasi bahwa tubuh Anda sedang bermasalah pada kesehatannya.

Berikut beberapa penyebab kaki kram yang juga merupakan indikasi adanya masalah kesehatan, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Dehidrasi

Kemungkinan besar, penyebab dari kram kaki di malam hari adalah tubuh yang dehidrasi. Kekurangan cairan di tubuh dapat memberikan tekanan berlebih pada bagian otot. Hal tersebut yang mengaitkannya dengan kram kaki di tengah malam.

Hipotiroid

Beberapa orang yang memiliki kondisi ini, seringkali mengalami kram kaki di malam hari. Hipotitoid menjadi penyebab utama kram pada otot dan rasa lelah.

Kadar gula darah tinggi

Kadar gula darah yang tinggi juga bisa menyebabkan otot kaki kram di malam hari. Sehingga, sangat penting bagi Anda yang memiliki kadar gula darah normal untuk tetap menjaga kestabilannya agar terhindar dari otot kram tersebut.

Efek samping obat

Perhatikan beberapa efek samping dari obat-obatan yang sering dikonsumsi. Jika efek sampingnya adalah membuat otot kram, sebaiknya konsultasi kembali ke dokter agar terhindar dari masalah tersebut.

Kelelahan

Ternyata rasa lelah berlebihan mampu membuat otot ikut merasa lelah, di mana hal tersebut memicu kram pada kaki. Saat Anda sedang berolahraga terlalu keras, juga bisa memicu kram pada kaki di malam hari.

Defisiensi nutrisi

Defisiensi atau kekurangan mineral penting seperti potasium, sodium, mampu menjadi salah satu penyebab kram di kaki. Kekurangan sumber mineral apa pun mampu memberi tekanan berlebih pada sel-sel di otot. [Viva]

Related posts