Peristirahatan terakhir Ketua KPU Husni Kamil Manik

Tempat peristirahatan terakhir ketua KPU Husni Kamil Manik di BLAD 52 Blok AA II Unit Islam Tempat Pemakaman Umum Jeruk Purut, Jakarta Selatan. (Kompas)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Setelah disalatkan di Masjid Al Furqon, Kompleks Polri, Jakarta Selatan, jenazah Ketua KPU RI Husin Kamil Manik akan dikebumikan di blad 52 Blok AA II Unit Islam Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Di lokasi, petugas TPU telah menyiapkan liang lahat dengan panjang 2 meter, lebar 80 cm dan kedalaman 1,5 meter.

“Proses penggalian sudah berjalan sejak pagi tadi, pukul 07.00 WIB. Sekarang sudah siap. Kami kerjakan selama 3 jam,” ujar Jayadi, salah satu petugas penggali makam saat ditemui di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Jumat (8/7).

Selain menyiapkan pusara dan tenda bagi para tamu, petugas TPU juga sudah menyiapkan nisan yang terbuat dari kayu. Menurut keterangan pihak keluarga, prosesi pemakaman akan dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB.

Sebelumnya, sejumlah tokoh nasional beserta seluruh anggota keluarga melakukan penghormatan terakhir sekaligus melepas jenazah Husni di rumah duka, Jalan Siaga Raya, Nomor 23A, Pejaten, Jakarta Selatan.

Jenazah diberangkatkan menuju Masjid Al Furqon untuk dishalatkan terlebih dahulu sebelum dibawa ke TPU Jeruk Purut.

Husni sempat menjalani perawatan di RS Pusat Pertamina, Jakarta Selatan, pada Kamis pagi sebelum meninggal dunia pada pukul 21.10 WIB. Almarhum meninggalkan satu istri bernama Endang Mulyani dan tiga anak.

Husni lahir di Medan, Sumatera Utara, pada 18 Juli 1975 dan pernah menjabat sebagai anggota KPU di Sumatera Barat selama dua periode, yakni 2003-2008 dan 2008-2013. Husni muda aktif dalam berbagai kegiatan politik dan berpengalaman sebagai pemantau pemilu sejak lulus kuliah di Universitas Andalas. [Kompas]

Related posts