Damkar Aceh Tengah tetap buka layanan 24 jam selama Idul Fitri

Petugas pemadam kebakaran Aceh Tengah. (Ist)

Takengon (KANALACEH.COM) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tengah unit kerja Pemadam Kebakaran tetap membuka layanan 24 jam selama Lebaran Idul Fitri 1437 H.

Kepala BPBD Aceh Tengah, Jauhari menyebutkan untuk posko induk yang berada di kawasan kota Takengon, pihaknya telah memerintahkan untuk tetap siaga selama lebaran seperti halnya hari-hari biasa.

“Pelayanan pemadam kebakaran tidak ada istilah tidak siaga, kita tetap siaga walaupun itu hari raya, kita sudah berikan tugas kepada petugas Damkar bagi yang piket tetap siaga yang tidak piket dimana pun berada tetap siaga manakala ada kebakaran mereka sigap, kami tidak piket, enggak ada istilah gitu kalau udah terjadi kebakaran, udah begitu SOP-nya,” Kata Jauhari, Sabtu (9/7‎)

Ditambahkan Jauhari, pada posko induk setiap harinya terdapat 25 petugas pemadam kebakaran siaga menerima laporan dari masyarakat jika terjadi kebakaran.

Begitu juga petugas pemadam kebakaran di beberapa kecamatan, telah diperintahkan untuk tetap siaga walau dalam kondisi sedang lebaran Idul Fitri.

“Tidak hanya di Posko Induk, Posko di kecamatan juga ada petugas yang stand by, di masing-masing kecamatan ada sekitar tujuh orang siaga,” tambah Jauhari

Sementara terpisah, Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin ‎menghimbau masyarakat Aceh Tengah untuk waspada terjadinya musibah kebakaran, terlebih lagi saat rumah ditinggal bepergian selama Lebaran

“Biasanya, kalau Lebaran ketika bersilaturrahmi dengan kerabat waktu meninggalkan rumah buru-buru, sehingga ada potensi api luput dari pantauan yang dapat menyebabkan musibah kebakaran, karena itu kami himbau kepada warga untuk lebih waspada sebelum meninggalkan rumah,” demikian Nasaruddin‎. [Aidil/rel]

Related posts