Facebook Messenger siapkan enkripsi pesan seperti WhatsApp

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg. (Reuters)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Perusahaan jejaring sosial Facebook mengatakan telah menguji fitur enkripsi dari ujung ke ujung pada aplikasi pesan instan Messenger untuk mencegah ada pihak yang mengintip percakapan digital.

Pengujian ini dilakukan secara terbatas kepada pengguna Messenger yang kini memiliki lebih dari 900 juta pengguna. Fitur itu datang tiga bulan setelah Facebook meluncurkan fitur enkripsi untuk aplikasi WhatsApp yang lebih populer dengan lebih dari 1 miliar pengguna.

Fitur enkripsi muncul di tengah perdebatan global soal sejauh mana perusahaan teknologi mau membantu proses penegakan hukum dalam mengintai komunikasi digital.

Sejauh ini, enkripsi dari ujung ke ujung juga ditawarkan oleh platform iMessage dari Apple, Line, Viber, sampai Telegram.

Facebook Messenger menggunakan teknologi enkripsi yang sama seperti WhatsApp, memakai protokol yang dikenal sebagai Signal, hasil pengembangan perusahaan swasta Open Whisper Systems.

Messenger bakal memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan fitur enkripsi guna mendapatkan keamanan ekstra, yang bakal mengacak komunikasi. Ini membuat pesan hanya dapat dibaca dari perangkat di ujung percakapan.

Namun, dalam sebuah pernyataan resmi, Facebook mengatakan bahwa pengguna Messenger tidak dapat mengirim video atau melakukan pembayaran dalam percakapan yang dienkripsi. [CNN Indonesia]

Related posts