Cuaca buruk, kapal tujuan Nias putar balik

Kapal KM. Teluk Singkil kembali berangkat ke Nias saat cuaca mulai membaik. (Kanal Aceh/Randi)

Singkil (KANALACEH.COM) – Kapal KM.Teluk Singkil Tujuan ke Nias yang mengangkut sekitar 50 orang dan belasan kendraan roda empat dan sepeda motor terpaksa putar balik setelah hampir dua jam berlayar dikarenakan faktor cuaca dan tingginya gelombang laut, Kamis (14/7).

Kapal tersebut baru bisa merapat kembali ke pelabuhan Ferry Singkil sekira pukul 04.00 WIB.

Dikonfirmasi kepada Syahbandar pelabuhan Singkil, Sorgia Purba mengatakan, sebelum keberangkatan cuaca tidak ada masalah. Bahkan menurutnya, cuaca saat itu sangat layak untuk berlayar menuju Nias.

“Sebelum berangkat cuaca bagusnya, makanya kita izinkan kapal ini berangkat menuju Nias,” katanya kepada Kanalaceh.com saat dijumpai di pelabuhan Ferry Singkil.

Menurutnya, cuaca saat itu memang sulit diprediksi. Pihaknya baru mengetahui cuaca buruk ketika sekira satu jam perjalanan kapal dari pelabuhan laut Singkil.

Sementara itu, seorang anak buah kapal yang sempat ditemui menjelaskan, mereka terpaksa putar balik lantaran tidak kuat melawan arus yang begitu kencang ditambah gelombang yang tinggi membuat kapal goyang.

“Terpaksa kita balik arah ke Singkil, karena kita saat itu melawan arus dan angin, makanya kita balik ke Singkil demi keselamatan penumpang,” ujarnya.

Ia menambahkan, cuaca buruk juga dialami oleh kapal lainnya yang menuju ke Nias. Ia sempat melihat di global positioning system (GPS) bahwa arah ke tujuan sudah tidak terlihat. “kapal dari Sibolga yang mau ke Nias juga balik ke Sibolga lagi, karena badai tadi,” katanya.

Kapal tersebut berangkat dari Singkil pada Rabu (13/7) pukul 22.00 WIB. Karena cuaca buruk, kapal berbalik arah ke Singkil. Kemudian,kembali diberangkatkan ke Nias pada hari Kamis pukul 11.00 WIB. [Randi]

Related posts