BPS: Kemiskinan Aceh tertinggi kedua di Sumatera

Logo BPS. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh merilis persentase angka kemiskinan di daerah itu pada Maret 2016 barada pada posisi kedua di sumatera setelah Provinsi Bengkulu.

“Persentase kemiskinan ini harus mendapat perhatian serius oleh pemangku kepentingan di Aceh,” kata Kepala BPS Aceh, Wahyudin di Banda Aceh, Senin (18/7).

Ia menyebutkan persentase penduduk miskin di Aceh sebesar 16,73 persen pada Maret 2016 sedangkan di Provinsi Bengkulu pada periode yang sama 17,85 persen.

Menurutnya, Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) harus bekerja optimal guna menurunkan angka kemiskinan yang terjadi di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Pihaknya menyarankan instansi terkait di Aceh dapat mengelontorkan berbagai program yang ada untuk menurunkan angka kemiskinan yang ada di seluruh kawasan di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa tersebut.

“Jika program tersebut sudah direncanakan maka harus segera direalisasikan dan kalau sudah berjalan maka harus lebih dioptimalkan pelaksanaannya di lapangan,” katanya.

Ia mengatakan salah satu program yang dapat dilaksanakan oleh pemerintah daerah melalui satuan kerja perangkat Aceh (SKPA) yakni meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Kami juga siap memberikan masukan dan rekomendasi kepada TKPKD  guna menurunkan angka kemiskinan di Aceh,” katanya.

Wahyudin menambahkan, komoditi makanan andil bagian besar terhadap garis kemiskinan dibandingkan peranan komoditi bukan makanan (perumahan, sandang, pendidikan dan kesehatan).

Ada pun sumbangan garis kemiskinan makanan terhadap garis kemiskinan pada Maret 2016 sebesar 76,12 persen sedangkan pada September 2015 sebesar 76,02 persen.

Pihaknya berharap agar Pemerintah Aceh dapat bekerja optimal dengan merealiasikan berbagai program peningkatan ekonomi masyarakat sehingga upaya menurunkan angka kemiskinan akan tercapai di masa mendatang. [Antaranews]

Related posts