Tekanan ekonomi global harus diatasi dengan cara yang tak biasa

Presiden Jokowi saat Rapimnas Partai Golkar di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (28/7) malam. (Ist)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Presiden RI Joko Widodo mengatakan, saat ini tidak ada satu negara pun di dunia yang lolos dari kesulitan tekanan ekonomi global.

“Ada pemerintahan gagal sampai penjarahan. Itulah kesulitan yang ada dan tekanan ekonomi seperti itu juga menekan negara kita, Indonesia,” kata Jokowi saat memberikan sambutan pada Penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (28/7) malam.

Ia menambahkan, kondisi saat ini adalah sebuah keadaan yang tidak normal. Karena itu harus diselesaikan dengan cara yang tidak biasa. “Tidak mungkin tekanan ekonomi seperti ini kita lakukan dengan cara biasa dengan kerja normal. Tidak akan bisa keluar dari situasi sulit itu,” tegasnya.

Karena itu, Jokowi meminta agar Partai Golkar memiliki konsistensi dalam memberikan dukungan kepada pemerintah. “Kalau pas ada kebijakan-kebijakan pemerintah yang memerlukan kecepatan, meskipun kebijakan itu kadang pahit dan tidak populis, tetapi untuk kepentingan rakyat banyak harus memutuskan keputusan sulit,” ujarnya.

Keyakinannya terkait dukungan Partai Golkar kepada pemerintah, kata Jokowi didasarkan pada beberapa proses kebijakan yang memerlukan dukungan politik.

“Kemarin itu saya ikuti apakah Golkar konkret atau tidak. Ternyata konkret. Saya contohkan Undang-undang Tax Amnesty, kemudian saat pemilihan Kapolri. Saat APBN-P, saya ikuti terus,” katanya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Golkar sehingga setiap kebijakan pemeritah yang diambil pemerintah betul-betul dalam kondisi sesulit apapun, bisa kita putuskan dengan baik,” tuturnya. [Sammy/rel]

Related posts