Rakerda PKK Aceh sarana evaluasi dan penyempurnaan program pokok

Anggota PKK Aceh saat menghadiri Rakerda 2016 di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Senin (1/8). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Niazah A Hamid menjelaskan, rakerda merupakan agenda rutin lima tahunan, momen ini juga dijadikan sebagai sarana mengevaluasi dan menyempurnakan pelaksanaan kelembagaan, pelaksanaan 10 program pokok PKK dan administrasi PKK yang disesuaikan dengan perkembangan program pemerintah serta kebutuhan masyarakat.

“Rakerda ini juga bertujuan untuk menginformasikan kebijakan yang ditetapkan dalam hasil Rakernas VIII PKK tahun 2015, agar selaras dalam pelaksanaannya diseluruh daerah,” ujar wanita yang akrab disapa Ummi Niazah itu saat membaca laporannya pada Rapat Kerja Daerah PKK se-Aceh tahun 2016 di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Senin (1/8).

Ummi Niazah menambahkan, dari hasil Rakernas VIII PKK yang telah disempurnakan pada Rapat Konsultasi tahun 2016, beberapa program PKK Nasional yang akan dilaksanakan adalah, pola asuh anak dan remaja dalam keluarga dengan penuh cinta dan kasih sayang, pendidikan dan keterampilan.

Selanjutnya, pemberdayaan ekonomi keluarga melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga atau UP2K, Pengembangan kehidupan berkoperasi, pemanfaatan lahan melalui program HATINYA PKK.

Selain itu, menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat di rumah tangga dengan Pola CERDIK (Cek Kesehatan Rutin, Enyahkan Asap rokok, Rajin Berolahraga, Diet seimbang, Istirahat Cukup dan Kelola stress). Terakhir adalah posyandu terintegrasi dengan tambahan layanan BKB, BKR, BKL, dokter spesialis dan dokter gigi.

“Sementara itu, untuk di daerah, selain menjalankan program-program yang menjadi prioriitas dapat pula ditambahkan dengan program lainnya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat setempat,” ujar Istri Gubernur Aceh itu.

Selama ini, lanjut Ummi Niazah, TP-PKK Aceh telah melaksanakan kegiatan yang mencakup dalam 10 program pokok PKK, diantaranya program bedah rumah, pembinaan akhlaqul karimah melalui, program pokok PKK, penyuluhan kesadaran bahaya narkoba terhadap anakdan remaja.

Program lainnya adalah pembinaan UP2K melalui pelatihan kecakapan, program peguatan Bina Keluarga Balita, program pemanfaatan lahan melalui HATINYA PKK, yaitu Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman serta sosialisasi pembuatan pupuk organik, dan sejumlah program lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ummi Niazah juga menimbau kepada seluruh peserta Rakerda untuk menyaring berbagai masukan dan informasi, baik dari Gubernur maupun para narasumber untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi pengembangan dan program serta kegiatan PKK di masa yang akan datang.

Ketua TP PKK Aceh juga menyadari, bahwa keberhasilan pelaksanaan program-program kesejahteraan keluarga sangat ditentukan oleh adanya keterpaduan antara gerakan keswadayaan dan partisipasi masyarakat dengan bimbingan dari berbaga instansi atau lembaga terkait.

“Oleh karena itu, program-program pemerintah dan pemerinta daerah yang berkaitan langsung dengan peran serta masyarakat, hendaknya dapat melibatkan Tim Penggerak PKK,” pungkasnya.

Kegiatan yang mengangkat tema “Gerakan PKK Siap Mendukung Program Pemerintah dalam Usaha Mencapai Keluarga Sejahtera”, itu turut dihadiri oleh sejumlah Kepala Satuan Kerja Perngkat Aceh serta pengurus TP-PKK kabupaten/kota se-Aceh. [Aidil/rel]

Related posts