Melestarikan lingkungan gampong tanggung jawab keuchik

Wali Kota Langsa, Usman Abdullah. (Merdeka)

Langsa (KANALACEH.COM) – Wali Kota Langsa, Usman Abdullah mengingatkan kepada seluruh keuchik terutama dalam wilayah Kota Langsa agar melestarikan lingkungannya dan memelihara keindahan kota. Karena menurutnya kebersihan dan masalah ternak merupakan tanggung jawab gampong.

Hal itu disampaikan Abdullah pada acara pencanangan Bulan Bakti Gotong-Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XII dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-44 di Lapangan Bola Kaki, Gampong Gedubang Jawa, Kecamatan Langsa Baro, Rabu (10/8).

Usman mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut, maka keuchik dan seluruh perangkat gampong harus selalu mengawasi dan melarang masyarakat yang membuang sampah ke sungai, parit dan tempat-tempat yang dilarang.

Selanjutnya melarang masyarakat membangun rumah di bantaran sungai, bekas rel kereta api dan melarang warga menanam tanaman yang menganggu serta mengurangi lebar jalan.

“Jika diperlukan Satpol PP untuk menertibkan bangunan, silakan kirim surat ke saya, nanti akan kita perintahkan Satpol untuk menertibkan,” sebutnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Langsa, Abdullah Gade, menyampaikan BBGRM yang dilaksanakan sebulan penuh dalam rangka menggali nilai-nilai gotong royong masyarakat yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat.

“Hal ini sebagai bagian dari sistem budaya bangsa, dengan tujuan untuk memperkuat integritas sosial masyarakat gampong,” ujarnya. [Erza]

Related posts