Tommy Sugiarto tantang pebasket gagal di laga perdana

Howard Shu (Esquire)

Rio de Janeiro (KANALACEH.COM) – Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, akan mengawali kiprah di Olimpiade 2016 melawan wakil Amerika Serikat, Howard Shu, Jumat (12/8) malam WIB. Di atas kertas, Tommy akan bisa meraih kemenangan.

Tommy saat ini menempati peringkat 9 dunia, sedangkan Howard hanya berada di urutan 67. Di Olimpiade 2016, Tommy tergabung di Grup J. Selain Howard, ada wakil Kuba Osleni Guerrero. Tommy diprediksi akan mampu lolos ke babak selanjutnya.

Berbicara mengenai Howard, pemuda kelahiran 1990 ini sebenarnya awalnya tidak bercita-cita menjadi atlet bulu tangkis. Sewaktu masih kecil, Howard ingin menjadi pebasket.

Seperti diberitakan Esquire, Howard sangat mengidolai bintang NBA Michael Jordan. Ketika kecil, Howard menyukai film Space Jam yang dibintangi Jordan. Karena Jordan pula, Howard sangat terobsesi mengoleksi sepatu.

Howard kecil bermimpi bisa menembus NBA. Dia ingin menjadi pebasket keturunan Asia-Amerika pertama di NBA. Namun mimpi Howard harus kandas. Dia kemudian mulai menekuni bulu tangkis di usia delapan tahun.

Pilihan pria keturunan Taiwan itu tidak salah. Howard kini menjadi pebulu tangkis Amerika dengan ranking tertinggi sehingga berhak mewakili Paman Sam di Olimpiade.

“Saya mulai menjadi lebih baik dan saya benar-benar hanya tertarik pada olahraga ini. Ini benar-benar menarik bagi saya,” kata Howard sebelum Olimpiade dimulai.

Howard dilatih oleh pebulu tangkis legendaris Indonesia Tony Gunawan. Meski tak diunggulkan, Howard berjanji tampil mati-matian saat bersua Tommy.

“Saya akan menjadi underdog di laga tersebut. Tapi pada saat ini saya merasa saya bisa membawa kabur uang mereka,” tegas Howard. [Liputan6]

Related posts