Crutchlow juarai MotoGP Ceko

Cal Crutchlow. (Getty Images)
--Ads--
loading...

Jakarta (KANALACEH.COM) – Cal Crutchlow dari LCR Honda mencetak sejarah dengan memenangi GP Ceko di Sirkuit Brno, Minggu (21/8).

Ia menjadi pebalap Britania Raya pertama dalam 35 tahun terakhir yang memenangi balapan motor di level elite — sejak Barry Sheene pada 1981.

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menduduki podium dua sementara Marc Marquez (Repsol Honda) di posisi tiga.

Ads

Rossi sendiri menjalani balapan yang mengagumkan. Dengan kondisi lintasan yang basah karena sebelumnya diguyur hujan, Rossi mengambil risiko dengan menggunakan ban belakang tipe keras dan ban depan lunak.

Hal ini justru membuat Rossi tercecer ke posisi 12 di awal-awal balapan karena ban belakangnya belum pada kondisi suhu optimum.

Setelah menjalani enam putaran, Rossi baru mendapatkan kondisi ban yang baik dan ia mulai menyalip satu per satu pebalap di depannya.

Di putaran ke-18, Rossi telah mengambil alih posisi kedua, namun karena jarak yang terlalu jauh dengan Crutchlow yaitu mencapai enam detik, ia tak mampu mengejarnya.

Cerita yang sama juga dicatatkan Crutchlow yang memulai dari posisi 13 di awal-awal balapan. Pemilihan ban yang tepat membuatnya bisa menyalip satu per satu pebalap dan akhirnya telah memimpin balapan dari putaran ke-16.

Sementara Marquez yang menggunakan ban lunak tak bisa berbicara banyak di balapan kali ini karena harus merawat bannya agar tak cepat aus.

Ia sempat tercecer ke posisi kelima, tapi di putaran-putaran terakhir kembali mampu menyodok ke depan. [CNN Indonesia]

Hasil lengkap balapan MotoGP Ceko:

1. Cal Crutchlow
2. Valentino Rossi
3. Marc Marquez
4. Loris Baz
5. Hector Barbera
6. Eugene Laverty
7. Danilo Petrucci
8. Andrea Iannone
9. Maverick Vinales
10. Tito Rabat
11. Yonny Hernandez
12. Dani Pedrosa
12. Pol Espargaro
14. S. Bradl
15. Scott Redding
16. A. Bautistta
17. Jorge Lorenzo

Ads