Dua kontingen internasional akan tampil di Festival Rapai sore ini

Poster Festival Rapa'i Aceh. (acehrapaifest.com)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kontingen internasional dari dua negara Asia masing-masing Fieldplayer Malaysia dan Miladomus China akan tampil di Museum Tsunami Sabtu (27/8) sore bersama dengan penampilan Palito Nyalo dari Sumatera Barat.

Sementara di Taman Ratu Safiatuddin akan tampil  Panee band, Seung Sam Lakoe, Medyahus serta Sanggar Aneuk Nanggroe pada Sabtu sore.

Di lokasi terpisah, Taman Budaya Banda Aceh juga akan ada penampilan dari kontingen Pusaka Nanggroe dan Baloh Nanggroe.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi menyebutkan Aceh Internasional Festival tahun 2016 dipusatkan di tiga lokasi, masing-masing Taman Ratu Safiatuddin, Taman Budaya dan Museum Aceh.

Pihaknya menargetkan kunjungan sebanyak tiga ribu orang penonton untuk setiap harinya.

“Kami mengajak masyarakat untuk meramaikan kegiatan ini, untuk melihat budaya kita dan juga budaya dari berbaga daerah di nusantara serta belahan dunia lain,” ujarnya kepada wartawan usai pembukaan Aceh Rapai festival 2016, Jumat (26/8) malam.

Reza menjelaskan tujuan dari kegiatan ini antara lain untuk melestarikan rapai sebagai salah satu atraksi budaya yang menarik dikunjungi dan dinikmati di Aceh ini.

Kemudian kegiatan yang berlangsung selama lima hari ini juga sebagai ajang untuk mempromosikan Aceh dan kesenian serta budaya Aceh kepada masyarakat baik lokal, nasional hingga internasional.

“Tujuan akhirnya selain untuk tetap menjaga kelestarian dari budaya dan kearifan lokal Aeh, juga untuk menarik minta wisatawan khususnya dari mancanegara ke Aceh,” lanjutnya

Reza mengaku kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya juga mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat, apalagi diakui Reza, Kementerian Pariwisata juga mendukung penuh kegiatan tersebut.

“Tahun ini adalah pertama kalinya kita laksanakan, jika ini sukses dan mendapatkan sambutan hangat maka akan kita jadikan kalender tahunan dan akan lebih besar lagi,” kata Reza. [Randi]

Related posts