Panen serentak, Babinsa 0107/Asel bantu petani

Tapaktuan (KANALACEH.COM) – Periode musim panen raya serentak kini dimulai di wilayah pantai barat selatan Aceh, tepatnya di Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupeten Aceh Selatan.

Sertu Jahari selaku Babinsa Koramil 10/Labuan Haji Barat dan Kodim 0107/Aceh Selatan membantu panen padi petani dilahan sawah milik bapak Biuren Umami di Desa Teungah Ibo, Labuan Haji Barat, Minggu (28/8).

Program tanam dan panen serentak yang digalakan oleh pemerintah merupakan upaya memenuhi stok beras dalam negeri mewujudkan swasembada pangan dan mengurangi impor.

“Panen serentak yang dilaksanakan menunjukan keberhasilan pemerintah dalam menerapkan sisitem dan pola tanam serentak yang di galakan, dan hasil panen juga menunjukan peningkatan”, ungkap Jahari.

Lanjutnya, peran Babinsa jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan terus dioptimalkan bersama PPL, dan pemerintah terus mendukung kegiatan upsus untuk mendukung dan mendorong upaya peningkatan produktifitas pertanian dalam mewujudkan swasembada program ketahanan pangan.

Selalin itu, pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi, serta gerakan tanam cepat padi. Pemberian bantuan alat dan mesin pertanian, pupuk yang diberikan oleh pemerintah berdampak mempercepat olah tanam, waktu tanam, panen dan pascapanen, serta efisiensi biaya dan mengurangi kerugian.

“Terbukti penerapan seperti pola tanam jajar dan penggunaan benih unggul mampu mendongkrak dan meningkatkan produktivitas,” ungkapnya. [Aidil/rel]

Related posts