Kamis, Polri umumkan hasil penyelidikan testimoni Freddy Budiman

Terpidana mati kasus narkoba yang ditahan di Nusakambangan, Freddy Budiman (baju dan kaus biru). (Kompas)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Ketua Tim Pencari Fakta Gabungan (TPFG) Mabes Polri Komisaris Jenderal (Komjen), Dwi Prayitno mengatakan, pihaknya siap mengungkapkan hasil penyelidikan testimoni Freddy Budiman.

Freddy, dalam pengakuannya kepada Koordinator Kontras Haris Azhar, menyebutkan adanya keterlibatan oknum pejabat Polri dan BNN dalam operasi jaringannya.

Dwi mengatakan, sejumlah fakta dan data yang berhasil dikumpulkan akan segera diumumkan diumumkan ke publik pada pekan ini.

“Sudah final, nanti hari Kamis (15/9) kami sampaikan,” kata Dwi.

Dwi mengatakan, tim TPFG sudah meminta keterangan semua pihak terkait untuk menyelidiki pernyataan yang disampaikan Freddy sebelum dieksekusi mati kepada Haris.

“Kami telah lakukan pemeriksaan di Nusakambangan, memeriksa penyidik yang menangani kasus Freddy Budiman, kemudian pledoinya kita pelajari,” kata Dwi.

Sebelumnya, Freddy Budiman sempat menyebut ada keterlibatan oknum Badan Narkotika Nasional, Polri, TNI dan Bea Cukai, dalam peredaran narkoba yang dilakukannya.

Freddy mengungkapkan cerita tersebut kepada Haris. Menurut Haris, Freddy bercerita bahwa dia hanyalah sebagai operator penyelundupan narkoba skala besar.

Saat hendak mengimpor narkoba, Freddy menghubungi berbagai pihak untuk mengatur kedatangan narkoba dari China.

Haris mengatakan, kesaksian Freddy didapat pada masa kesibukan memberikan pendidikan HAM kepada masyarakat pada masa kampanye Pilpres 2014.

Menurut Haris, Freddy bercerita ia hanyalah sebagai operator penyelundupan narkoba skala besar. Saat hendak mengimpor narkoba, Freddy menghubungi berbagai pihak untuk mengatur kedatangan narkoba dari China.

“Kalau saya mau selundupkan narkoba, saya acarain (atur) itu. Saya telepon polisi, BNN, Bea Cukai dan orang yang saya hubungin itu semuanya titip harga,” kata Haris mengulangi cerita Freddy, di Kontras, Jakarta, Jumat (29/7). [Kompas]

Related posts