26.5 C
Banda Aceh

71 tahun PMI mengabdikan diri bagi Indonesia

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh menyambut HUT ke 71 tahun menggelar apel di depan Unit Transfusi Darah, Sabtu (17/9).

Kegiatan ini bertemakan Pengabdian Sejak Dini untuk Generasi berkemanusian di Masa Datang.

Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan sosialisasi Pertolongan Pertama di tingkat SD/MI, Lomba Pertolongan Pertama tingkat Palang Merah Remaja (PMR) Madya dan Wira, Lomba Ular Tangga Kepalangmerahan tingkat Kors Sukarela (KSR) dan Ular Tangga Siaga Bencana PMR Wira dan Madya pada 25 September 2016.

- Advertisement -

Ketua PMI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman Hagny membaca sambutan ketua PMI Pusat Jusuf Kalla menyampaikan, 71 tahun PMI mengabdikan dirinya bagi rakyat Indonesia di dalam menghadapi bencana, konflik dan kesehatan, sosial dan penguatan karakter generasi muda.

“PMI melakukan harmonisasi langkah dengan pemerintah, para mitra untuk melaksanakan misi kemanusaian untuk meringankan beban penderitaan mereka dalam kondisi bencana maupun non bencana,” ujarnya.

“PMI mengucapkan terimakasih kepada pengurus, Staf, Relawan dan seluruh jajaran PMI di Provinsi/Kabupaten/Kota yang tanpa mengenal lelah membaktikan tenaga, pikiran dan waktunya untuk pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tambahnya.

Lanjutnya, sepanjang usia PMI, aksi PMI telah dirasakan oleh setiap generasi, mulai dari generasi kemerdekaan, generasi yang mempertahankan kemerdekaan, generasi yang mengisi kemerdekaan, hingga generasi terkini dengan segala kemajuannya.

“PMI telah terlibat dalam membangun generasi bangsa menuju negara yang beradab dan berkemanusiaan,” imbuh Qamaruzzaman.

Pada peringatan hari lahir kali ini, tambahnya, PMI ingin terlibat dalam membangun karakter anak-anak sebagai usia dini untuk menjadi generasi berkemanusiaan.

“Untuk itu, kegiatan peringatan HUT PMI tahun ini akan melibatkan anak-anak, baik yang tergabung dalam satuan Palang Merah Remaja (PMR) maupun anak-anak pada umumnya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal,” katanya.

Sesuai dengan kompetensi PMI, maka “Pertolongan Pertama” menjadi topik dasar untuk semua kegiatan. Sebagai contoh, Markas Pusat PMI berencana melaksanakan kegiatan “Pertolongan Pertama untuk dan oleh Anak (First Aid; for and by Kids).

Hal ini dilakukan mengingat September juga merupakan bulan Pertolongan Pertama Sedunia yang dicanangkan oleh Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia (IFRC). [Aidil/rel]


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Berita Terbaru

spot_img