Pedagang sirih samping mesjid raya dapat gerobak

Penyerahan 16 gerobak kepada 16 pedagang sirih yang berjualan di pelataralan samping Masjid Raya Banda Aceh.(Ist)

Banda Aceh (KANALACEHCOM) – Pemerintah Kota Banda Aceh bersama pertamina menyerahkan 16 unit gerobak untuk 16 pedagang sirih yang berjualan di pelataralan samping Masjid Raya Banda Aceh. Senin (17/10).

Penyerahan dilakukan oleh Asisten keistimewaan Ekonomi dan Pembangunan Setdakota Banda Aceh, Gusmeri bersama Marketing Branch Manager Pertamina Aceh, Gunawan Wibisono,

Dalam sambutannya, Gusmeri menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada pihak Pertamina yang telah memberikan perhatian kepada para pedagang sirih dengan membantu memberikan gerobak tersebut.

“Kami yakin bantuan ini sangat bermanfaat bagi pedagang, sehingga mereka dapat berjualan dengan lebih nyaman,” ujar Gusmeri.

Kata Gusmeri, para pedagang sirih ini memiliki nilai khusus bagi kota Banda Aceh karena berperan sebagai pihak yang turut menjaga kelestarian budaya.

“Khususnya kebiasaan masyarakat Aceh yang sering makan sirih. Ini membantu memperkenalkan kepada generasi muda dan juga wisatawan bahwa sirih di Banda Aceh merupakan salah-satu bagian budaya Aceh yang saat ini sudah mulai pudar,” katanya.

Menurutnya, sirih atau lebih dikenal dengan ranup memiliki banyak peran dalam budaya masyarakat Aceh. Selan memberikan dampak bagi kesehatan mulut, sirih juga dikenal sebagai makanan yang digunakan untuk menjamu tamu.

Di akhir sambutannya, Gusmeri berharap bantuan tersebut akan semakin meningkatkan semangat untuk berdagang dan juga meningkatkan antusias masyarakat untuk menjaga kelestarian budaya dan juga dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan para pedagang sirih.

Sementara itu, Marketing Branch Manager Pertamina Aceh, Gunawan Wibisono mengungkapkan rasa syukur telah diberi kesempatan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh untuk turut melestarikan tradisi dan budaya Aceh dalam bentuk peremajaan gerobak para pedagang yang berjualan di area Masjid Raya Banda Aceh.

“Pertamina senantiasa memiliki komitmen dalam rangka mewujudkan kepedulian dan tanggung jawab social khususnya kepada warga yang berada disekitar wilayah operasi melalui program CSR,” ungkapnya.

Senada dengan Gusmeri, Gunawan Wibisono berharap bantuan CSR senilai Rp. 115 Juta ini dapat membantu melestarikan budaya, tradisi sekaligus membantu meningkatkan kesejahteraan para pedagang sirih.

“Pertamina yakin dengan dukungan dari Pemko Banda Aceh, secara bersama-sama kita dapat mewujudkan Kota Banda Aceh ini sebagai kota yang Madani yang cantik, bersih dan rapi,” harap Gunawan Wibisono.[Fahzian Aldevan]

Related posts