Pola tidur yang salah bikin pria lebih susah membuahi pasangan

Hadis dan sains jelaskan manfaat tidur miring ke kanan
ilustrasi

(KANALACEH.COM) – Susah punya keturunan bisa juga berhubungan dengan pola tidur. Pada laki-laki, tidur kurang dari 6 jam sehari dapat menurunkan peluang untuk cepat hamil pada istrinya.

Penelitian di Boston University mengungkap bahwa angka ideal bagi laki-laki untuk tidur adalah 7-8 jam sehari. Dikutip dari WebMD, Kamis (20/10), para peneliti menyebutnya sebagai ‘sweet spot’.

“Kami menemukan bahwa baik kurang tidur maupun terlalu banyak tidur, yakni kurang dari 6 jam atau lebih dari 9 jam, berhubungan dengan turunnya peluang hamil pada pasangan,” kata sang peneliti, Lauren Wise.

Dengan menggunakan angka 8 jam sebagai titik referensi, terungkap bahwa laki-laki yang kurang tidur maupun terlalu banyak tidur punya peluang 42 persen lebih rendah untuk membuahi pasangannya.

Menurut Wise, kemungkinan penyebabnya adalah faktor hormonal. Kesuburan pada laki-laki berhubungan erat dengan hormon testosteron, sementara pelepasan testosteron paling banyak terjadi saat tidur. Tidur yang cukup, dikaitkan dengan kadar testosteron yang optimal.

Walau begitu, penelitian ini tidak memastikan adanya hubungan sebab akibat. Butuh penelitian lebih lanjut untuk mengungkap lebih jauh keterkaitan antara pola tidur dengan kesuburan.[Detik]
 

Related posts