Gubernur lepas kontingen Pospenas VII Aceh ke Banten

Asisten III Setda Aceh bidang Administrasi Umum, Syahrul Badrudin, melepas keberangkatan kontingen Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) VII Aceh Tahun 2016, Kamis (20/10). (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah yang diwakili Asisten III Setda Aceh bidang Administrasi Umum, Syahrul Badrudin, melepas keberangkatan kontingen Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) VII Tahun 2016, di Hotel Grand Permata Hati, Banda Aceh, Kamis (20/10) malam.

Dalam sambutan Gubernur Aceh yang dibacakan Asisten III Setda Aceh bidang Administrasi Umum, Syahrul Badrudin mengungkapkan, mendukung penuh terhadap penguatan dayah di Aceh.

Lanjutnya, salah satu dukungan Pemerintah Aceh bagi penguatan dayah adalah dengan melibatkan santri Aceh dalam berbagai kompetisi bidang seni dan olahraga.

“Ini bertujuan untuk melahirkan insan dayah yang tidak hanya memahami nilai-nilai agama, tetapi juga juga berprestasi dibidang lainnya,” ujar Syahrul.

Ia juga menyampaikan selamat kepada kontingen Aceh yang telah terpilih mewakili Aceh mengikuti Pospenas VII yang berlangsung di Banten.

“Ukirlah prestasi gemilang dengan Ikhtiar dan doa, jangan jadi beban, tetap percaya diri pada kemampuan yang anda miliki dan maksimalkan seluruh potensi,” pesannya

Sementara itu Kakanwil Kemenag Aceh, M. Daud Pakeh, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Aceh dalam hal ini melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh yang telah banyak membantu jontingen Aceh sejak dari penjaringan atau seleksi di beberapa waktu lalu sampai keberangkatan ke Banten.

“Hari ini, perlengkapan santri yang mengikuti atlit semua dibantu oleh Dispora. Kerjasama ini sangat penting, karena kita satu visi untuk generasi Aceh,” kata Daud Pakeh.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan sebagai bentuk apresiasi kepada santri yang berprestasi, Kakanwil membawa seorang santri terbaik pada saat pelatihan menulis yang dilaksakan oleh Bidang PD Pontren Kanwil Kemenag Aceh untuk meliput kegiatan di Banten.

“Dalam kontingen ini, ada seorang santri sebagai jurnalis yang akan meliput kegiatan kita di Banten, ini merupakan bentuk apresiasi Kakanwil kepada siswa/siswi dan santri juara menulis, sebelumnya kami juga telah mengajak siswa dan siswa untuk meliput kegiatan nasional,” kata Daud.

Seperti dilaporkan oleh Ketua Kontingan Aceh, H Abrar bahwa jumlah kontingen Aceh yang akan berangkat berjumlah 79 orang, terdiri dari panitia, official, pelatih peserta bidang seni dan olahraga serta penggembira dan peninjau.

Para atlit akan mengikuti cabang olahraga pencaksilat, senam santri, bulu tangkis, tenis meja dan atletik.

Sedangkan cabang seni, pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Arab dan inggris, kaligrafi Islami, seni lukis Islami dan cipta puisi.

Kontingen Aceh akan bertolak ke Banten melalui Bandara Sultan Iskandar Muda dan Pembukaan Pospenas VII Banten pada tanggal 22 Oktober 2016 yang akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, kegiatan akan berlangsung mulai 22 Oktober hingga 28 Oktober 2016. [Fahzian Aldevan]

Related posts