Tubuh punya sinyal stres, pahami tandanya

Ilustrasi - stres karena pekerjaan.
--Ads--
loading...

Makassar (KANALACEH.COM) –¬†Orang kadang tidak menyadari bahwa dirinya sedang stres. Padahal stres dan gejalanya dapat menjadi penyakit yang berbahaya bagi kesehatan jika tidak ditangani dengan tepat. Biasanya berujung pada penurunan kualitas hidup.

Stres merupakan ketegangan atau gangguan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor dari luar, misalnya karena banyaknya pekerjaan yang menumpuk, masalah keluarga, atau bahkan karena putus cinta.

Stres bisa diatasi dengan relaksasi, bisa dengan berlibur atau bercanda ria bersama keluarga dan teman-teman.

Ads

Biasanya seseorang baru menyadari sedang mengalami stres saat mereka menjadi mudah marah, ketidakstabilan emosi, bahkan sakit kepala hebat.

Meskipun tak dapat dihindari, stres dapat dikendalikan. Salah satunya dengan memahami sinyal dari tubuh. Sebab biasanya keluhan-keluhan kecil dari tubuh merupakan sebuah alat komunikasi dari dalam.

Berikut ini sejumlah tanda stres yang patut Anda ketahui, dilansir dari 1Health:

Fisik
Jika belakangan Anda gampang terserang flu atau kurang enak badan, kemungkinan besar tubuh sedang mengalami stres. Karena saat Anda mengalami stres, maka kadar hormon kortisol dalam darah akan tinggi. Dan dalam jangka panjang keadaan ini akan merusak sistem imun.

Selain itu, pola tidur yang berantakan juga bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami stres.

Gejala lain yang dapat ditimbulkan oleh stres adalah hilangnya kemampuan untuk menahan nafsu makan. Sehingga Anda ingin makan terus atau bahkan kehilangan nafsu makan.

Emosi
Perubahan emosi yang tidak jelas, serta menurunya libido juga merupakan tanda yang muncul jika tubuh mengalami stres. Semakin tinggi level stres maka dapat menurunkan kepercayaan diri Anda.

Jika tanda-tanda di atas muncul, cobalah untuk melakukan strategi pengendalian stres diri. Salah satu cara terbaik untuk mengendalikan stres dapat dilakukan dengan cara berlibur.

Selain itu, untuk mengendalikan stres, cobalah untuk mulai mengubah hal-hal kecil dalam diri Anda, seperti:

* Memperhatikan pola tidur dan makan.
* Menyempatkan waktu untuk berolahraga.
* Menyediakan waktu untuk berkumpul bersama orang-orang terkasih. [Merdeka]