Zabivaka terpilih jadi maskot Piala Dunia 2018

Maskot Piala Dunia 2018, Zabivaka. (STRINGER / FIFA / AFP)

Moskow (KANALACEH.COM) – Zabivaka sang serigala mengikuti jejak Naranjito si buah jeruk, Footix si ayam jantan, dan Fuleco si trenggiling. Ia akan menjadi maskot resmi Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Rusia.

FIFA menjelaskan, kreasi terkini itu diresmikan lewat acara televisi yang dihadiri deputi perdana menteri Rusia Vitaly Mutko dan mantan penyerang Brazil Ronaldo.

Dalam tayangan itu, serigala disebutkan melambangkan kegembiraan, pesona, dan kepercayaan diri.

“Saya yakin Zabivaka akan menjadi populer di kalangan para penggemar di Piala Konfederasi dan Piala Dunia 2018 di Rusia,” kata Mutko, yang juga kepala Persatuan Sepak Bola Rusia (RFU) dan komite panitia lokal.

Zabivaka yang menurut FIFA bermakna “seseorang yang mencetak gol” mendapat 53 persen suara dari satu juta juta lebih suara dalam jajak pendapat. Sang serigala berhasil mengalahkan pilihan maskot lainya, seperti harimau (27 persen suara) dan kucing (20 persen suara).

“Jutaan penggemar sepak bola Rusia ambil bagian dalam pemungutan suara. Terpilihnya Zabivaka akan mewakili negara kami sebagai tuan rumah Piala Dunia,” papar Mutko

Maskot-maskot lain dalam beberapa tahun terakhir ini juga tidak kalah menarik. Di antaranya Zakumi sang leopard dari Afrika Selatan (2010), Pique sang cabai dari Meksiko (1986), atau Willie sang singa dari Inggris (1966). Tiap maskot memiliki arti masing-masing dan cenderung dikenang dalam waktu yang cukup lama oleh para penggemar sepak bola.

“Maskot-maskot adalah duta yang hebat untuk mempromosikan acara. Mereka juga membawa begitu banyak kegembiraan di stadion,” tandas Ronaldo. [Metrotvnews]

Related posts