Bila Ahok tak dihukum, massa aksi ancam copot sila pertama

Ratusan massa aksi berorasi di depan gedung DPRA, Jumat (4/11). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ratusan massa aksi bela islam yang tergabung dari 23 lembaga, mengancam akan mencopot sila pertama pada Pancasila apabila Ahok tidak dihukum. Aksi itu berlangsung di halaman gedung DPRA, Banda Aceh, Jumat (4/11).

“Apabila Ahok tidak dihukum, maka kami akan mencopot sila pertama yang ada di Pancasila,” ujar ketua Institute peradaban islam, Haykal Avivah.

Menurutnya, tindakan Ahok tersebut bukan hanya merusak keberagaman kepercayaan di Indonesia. Tapi, sudah merusak dasar negara yaitu pancasila, sebagaimana bunyi sila Pertama.

Ia menilai, pada sila pertama yaitu ketuhanan Yang Maha Esa dapat diartikan sebagai toleransi dalam beragama, dalam hal ini toleransi ditekankan dalam beribadah menurut agama masing-masing. Kemudian tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaannya kepada orang lain.

Kemudian makna dari sila pertama tersebut, menjamin penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut agamanya.

“Tindakan Ahok telah mencoreng Agama islam dan tidak mengindahkan sila pertama. Maka kami umat muslim Aceh siap mencopot sila pertama tersebut,” tegasnya.

Lanjutnya, apabila pihak keamanan tidak menyelesaikan kasus Ahok, umat islam akan menyelesaikan kasus tersebut dengan aturan yang ditetapkan oleh agama Islam.

“Jika persoalan ini dibiarkan, Demi Allah kami akan menyelesaikan dengan aturan dan hukum yang ditetapkan dalam agama islam,” tambahnya.

Dalam aksi tersebut, ratusan massa melakukan zikir dan doa bersama di pelataran pintu masuk ke ruang utama DPRA. Mereka mendoakan agar pejuang islam yang juga menggelar aksi di Jakarta, mendapat keridhaan. [Randi]

Related posts