Gula Indonesia lebih manis dari pada gula Jepang

gula.

(KANALACEH.COM)  Gula termasuk salah satu bahan pokok dalam industri makanan dan minuman. Bahan pemamis alami yang umumnya berasal dari tebu ini memberi rasa manis pada makanan dan minuman, tapi meski sama-sama disebut gula, kadar tingkat kemanisannya berbeda.

Misalnya jika dibandingkan antara gula asal Indonesia dengan gula asal Jepang, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Hal ini dikatakan Firdaus Priyo Hartono dari Yataro Group, gula asal Indonesia memiliki rasa yang sangat manis dan agak sulit dijadikan bumbu tambahan dalam masakan Jepang.

“Beberapa bahan memang agak sulit didapatkan di Indonesia dan ada bahan yang umum tapi cita rasanya beda. Misalnya saja gula, jauh sekali gula Jepang dengan gula Indonesia. Disini sangat manis,” ujar pria yang akrab disapa Priyo ini di Jakarta.

Pria asli berdarah Tegal, Indonesia yang lama menetap di Jepang ini juga menambahkan untuk mengolah makanan Jepang terutama makanan manis tentu diperlukan gula. Tetapi jika rasa dan karakter gulanya berbeda dengan kualitas gula di dalam resep asli maka harus dilakukan uji resep lagi agar rasanya tidak berubah.

Sementara untuk melakukan uji resep, tidak hanya diperlukan bahan, melainkan juga waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Jika enggan melakukan uji resep, satu-satunya cara adalah mendatangkan gula asal Jepang jika ingin menyuguhkan olahan khas Jepang.

“Mau enggak mau kita harus impor gula. Bisa saja pakai gula sini tapi rasa akan jauh berbeda,” pungkas Priyo. [Okezone]

Related posts