FKIP Unsyiah gelar workshop penulisan resensi buku

TDMRC Unsyiah dan Alumni Jerman gelar konferensi

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala (FKIP Unsyiah) menggelar workshop penulisan resensi buku bagi 200 mahasiswa di Auditorium FKIP Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Rabu (9/11). Selain mahasiswa, workshop ini juga diikuti 48 dosen muda FKIP Unsyiah.

Workshop ini menghadirkan empat pemateri, yaitu Dr Wildan Abdullah MPd (Dosen Bidang Kesusasteraan FKIP Unsyiah), Yarmen Dinamika (Redaktur Pelaksana Harian Serambi Indonesia), Nurul Hayati (Wartawati Serambi Indonesia), dan Azwardi SPd MHum (Linguis Muda Aceh).

Dr Wildan Abdullah MPd yang juga Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKIP Unsyiah dalam sambutannya menyampaikan, pelatihan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca di kalangan peserta.

Selain itu, mereka dapat memahami literasi, peka, dan kritis terhadap buku bacaan.

“Melalui workshop ini diharapkan dapat melahirkan kritikus buku yang hampir tidak ada di Aceh,” harap Wildan.

Ia menambahkan, FKIP Unsyiah menginginkan agar buku-buku yang dihasilkan penulis-penulis Aceh ke depan semakin berkualitas. Kritikan terhadap suatu buku nantinya dapat disampaikan dalam bentuk resensi buku.

Menurutnya, puluhan dosen muda juga turut berpartisipasi pada kegiatan ini. Mereka diutus dari masing-masing program studi (prodi) sebanyak tiga orang dari 16 prodi di lingkungan FKIP Unsyiah.

Sebelumnya, pada 7 November lalu FKIP Unsyiah telah melaksanakan Workshop Penulisan Kreatif yang diikuti sekitar 60 mahasiswa di Ruang Teleconference FKIP Unsyiah. Pelatihan itu juga menghadirkan menghadirkan Yarmen Dinamika dan Dr Wildan Abdullah. [Aidil/rel]

Related posts