TNI AL Pulau Banyak amankan warga yang ambil batu karang

Singkil (KANALACEH.COM) – Personil Pos TNI AL (Posal) Pulau Banyak, Kamis (10/11) mengamankan seorang warga Desa Pulau Baguk, Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil bernama Wasjiman (40) saat mengambil batu karang dari sekitar Pulau Malelo Kepulauan Banyak.

Letda laut Prabowo menjelaskan kronologis kejadian itu terjadi, Kamis (10/11) pukul 10.30 WIB pihaknya menerima laporan dari warga desa Pulau Baguk yang datang ke Kantor Posal.

Warga melihat Wasjiman sedang melakukan bongkar muat batu karang dari sebuah perahu (biduk) di Desa Pulau Baguk yang berjarak kurang lebih 300 meter sebelah kanan dari Kantor Posal Pulau Banyak.

“Setelah menerima laporan tersebut personil langsung bergerak menuju lokasi pembongkaran batu karang sesuai data yang diterima dari pelapor,” kata Prabowo.

Hasil keterangan dari pelaku, lanjutnya, bahwa pelaku mengaku mengambil batu karang dari Pulau Malelo yang kemudian akan dibawa untuk dijual sebagai bahan material bangunan.

“Pelaku juga mengakui bahwa perbuatannya itu melanggar hukum,” katanya.

Pelaku beralasan melakukan itu karena faktor ekonomi dan sulitnya lapangan pekerjaan, serta mahalnya mendatangkan bahan material pengganti (batu gunung) dari daratan.

Prabowo mengatakan, pihaknya memberikan peringatan kepada pelaku agar tidak mengulangi lagi perbutannya.

“Setelah diberikan pengarahan, pelaku diijinkan kembali pulang,” ujarnya. [Aidil]

Related posts