Seorang pria korban tenggelam ditemukan mengapung di Aceh Jaya

Ilustrasi orang tenggelam. (Merdeka)

Meulaboh (KANALACEH.COM) – Tim gabungan bersama Basarnas berhasil menemukan Andi (45) korban tenggelam di perairan laut Lhok Kruet, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, Rabu (23/11).

Koordinator Pos SAR Meulaboh, Dwi Hetno di Meulaboh, mengatakan, korban ditemukan pada pukul 10:30 WIB terseret jauh diantara daratan dan pulau kecil di perairan laut dengan estimasi sekitar 2 mil dari pantai Lhok Kruet.

“Korban ditemukan telah mengapung diantara pulau dan dan daratan. Korban hilang terseret arus ke laut saat memancing ikan di muara sungai tepatnya kawasan perairan laut Lhok Kruet. Saat kejadian sempat ada yang melihat tapi tidak ada yang berani menolong,” katanya.

Dwi Hetno menjelaskan, pencarian korban tenggelam di perairan Aceh Jaya langsung menerjunkan tim search dari Kantor SAR Banda Aceh bersama Satgas SAR Aceh Jaya, dibantu Polri, TNI, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD), Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), serta masyarakat menanti di posko pencarian di daratan dalam tiga hari terakhir.

Dwi Hetno menyampaikan, saat kejadian ada warga yang sempat melihat korban timbul, akan tetapi tidak ada yang berani mengambilnya, sehingga korban terus terbawa hanyut hingga posisi diketemukan oleh tim SAR diantara pulau dan daratan pesisir pantai Aceh Jaya.

Pencarian selama ini menggunakan fiber boat dari Kantor SAR Banda Aceh, sebab untuk perahu karet terlalu beresiko dengan kondisi gelombang diperairan laut setempat.

“Untuk operasi pencarian orang tenggelam, hari ini semua sudah kami tutup, semua sudah diketemukan. Semuanya korban berjumlah empat orang dalam kondisi meninggal dunia, tiga ditemukan di sungai dan satu orang di laut,” sebutnya.

Selama tiga hari terakhir  Pos SAR Meulaboh menerima empat kasus orang hilang tenggelam di aliran sungai, yakni di Kabupaten Aceh Selatan berjumlah dua orang, di Aceh Jaya satu orang dan di Kabupaten Aceh Barat satu orang, hingga hari keempat semuanya sudah berhasil ditemukan.

Dari semua korban yang ditemukan dari hasil outopsi dan keterangan dihimpun meninggal murni karena kecelakaan di air, sehingga tidak ada dari keluarga korban yang meminta untuk diperpanjang untuk penyelidikan atas meninggalnya keluarga mereka.

Dwi Hetno menjelaskan, Kantor SAR Banda Aceh membawahi Pos SAR Meulaboh yang mengkoordinir lima daerah lain yakni, Satgas SAR Aceh Jaya, Satgas SAR Aceh Barat, Satgas SAR Aceh Barat Daya, Satgas SAR Aceh Selatan dan Satgas SAR Pidie.

“Seluruh Satgas SAR yg di atas sifatnya relawan yg membantu tugas SAR di daerah masing, karena di daerah tersebut belum ada Pos SAR. Apabila ada operasi pencarian dan penyelamatan maka semua Satgas bisa membantu kekuatan tim,” katanya menambahkan. [Antara]

Related posts