Unsyiah buka pendaftaran KKN di Bener Meriah

Jadwal KKN Bener Meriah.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melalui Badan Pengelola Kuliah Kerja Nyata (Bapel KKN) mulai membuka pendaftaran KKN yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bener Meriah. Pendaftaran dilakukan secara online sejak Kamis (1/12) hingga Jumat (9/12).

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unsyiah, Dr Hizir mengatakan, pelaksanaan KKN di Bener Meriah akan dimulai pada awal tahun 2017, tepatnya mulai 11 Januari – 12 Februari 2017. Sementara pemberangkatan peserta lokasi KKN akan berlangsung pada 10 Januari nanti.

“Ini merupakan kali pertama Unsyiah melakukan KKN di Bener Meriah. Tapi sebelumnya Unsyiah sudah pernah menerjunkan dosen, staf, dan mahasiswanya dalam rangka bakti sosial di lokasi tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bapel KKN Unsyiah, Tongku Nizwan Siregar menambahkan, peserta KKN ini nantinya akan ditempatkan di 232 desa pada 10 kecamatan yang ada dalam Kabupaten Bener Meriah.

Sedangkan informasi mengenai desa yang menjadi lokasi penempatan KKN akan diumumkan mulai 13 – 16 Desember, sekaligus penentuan kelompok dan dosen pembimbing.

“Kita menargetkan ada 1.800 sampai 2.000 mahasiswa yang ikut KKN kali ini. Selain itu, Unsyiah juga ingin menjangkau seluruh wilayah Aceh. Mahasiswa harus melihat kondisi riil di lapangan. Itulah sebabnya Unsyiah memilih Bener Meriah sebagai lokasi KKN kali ini,” sebutnya.

Tongku menjelaskan, peserta KKN adalah mahasiswa yang sudah lulus mata kuliah minimal 100 SKS. Mereka nantinya juga tidak dibolehkan mengikuti kegiatan akademik apapun selain KKN pada masa tersebut.

“KKN merupakan salah satu wujud pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat. Di samping itu mahasiswa juga akan mendapatkan pelajaran tentang bagaimana berhadapan dengan masyarakat di lapangan,” pungkasnya. [Aidil/rel]

Related posts