​​Kasdam buka acara peringatan hari AIDS Sedunia

by danirandi

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigjen TNI Ahmad Dhaniel Chardin membuka peringatan hari Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) sedunia yang dipusatkan dilapangan Blang Padang Banda Aceh. Sabtu (03/12).

Kegiatan yang dihadiri ribuan peserta dari TNI, Mahasiswa Fakultas Kedokteran,  Kesehatan  yang berasal dari  Universitas  Banda Aceh ini,  diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya, olah raga bersama, donor darah dan cek HIV secara gratis.

Kasdam IM menyampaikan, permasalahan AIDS bukan saja menjadi masalah regional, tetapi sudah menjadi masalah global yang menunjukkan adanya kecenderungan meningkat dari tahun ketahun, hal tersebut perlu diperhatikan terkait penyebaran virus HIV adalah dilingkungan keluarga yang juga beresiko terinfeksi  AIDS.

Sampai saat ini, berbagai usaha telah dilakukan melalui berbagai penelitian untuk menemukan vaksin AIDS, tetapi  sejauh ini belum membuahkan hasil yang optimal, sehingga korban AIDS terus bertambah.

“Hal tersebut di sebabkan belum adanya kesadaran dan rendahnya pengetahuan tentang bahaya AIDS,” kata Kasdam.

Lanjut Kasdam menyampaikan, melalui puncak peringatan hari AIDS sedunia tahun 2016 ini, perlu adanya komitmen dan peran aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan AIDS secara terpadu serta terkoordinasi antar sektor pemerintah, swasta, LMS dan masyarakat.

“Harus ada komitmen dan peran aktif secara terpadu dalam menekan laju Epidemi HIV dan AIDS di Provinsi Aceh khususnya , dan Indonesia pada umumnya,‘’ papar Brigjen TNI Ahmad Dhaniel Chardin.

Sementara, Ketua Tim komisi Penyuluhan Aids Provinsi (KPAP) Dr.Oemarya menyampaikan , penyakit  AIDS dan HIV merupakan penyakit  yang sangat berbahaya  bisa menyerang sistem imun tubuh, sehingga lama kelamaan penderita akan menjadi kurus  dan menyebabkan komplikasi  yang mematikan.

Penyakit HIV, lanjutnya, bisa  terjadi karena  tingginya penggunaan obat bius, merajalelanya prakter pelacuran,  prilaku bebas yang kurang aman dan penggunaan jarum suntik yang tidak steril.

“Untuk mencegah penyakit tersebut diantaranya, jangan melakukan hubungan serksual diluar nikah, hindari hubungan seksual  dengan tuna susila  atau orang yang mempunyai pasangan banyak , gunakan kondom jika melakukan hubungan seksual yang beresiko tinggi  serta gunakan alat-alat medis yang terjamin dan steril,” katanya. [Randi/rel]

You may also like