Gempa Aceh: 13 unit ruko, 8 Masjid dan 86 rumah warga rusak parah

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Total korban jiwa dan kerusakan materiil akibat gempa 6,5 Skala Richter (SR) yang melanda Aceh masih terus bertambah. Data terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), korban meninggal mencapai 97 orang.

Tak hanya itu, di beberapa kecamatan di Kabupaten Pidie Jaya, terdapat puluhan rumah toko (ruko) yang rusak parah.

“Sebanyak 41 unit bangunan di Kecamatan Merdu rusak, 26 unit ruko di Kecamatan Trienggadeng roboh dan 20 unit di Kecamatan Bandar Dua rusak. Kemudian terdapat 16 unit ruko rusak di Kecamatan Bandar Baru dan 2 unit di Kecamatan Meurah,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BPBA Aceh, Heni, Rabu (7/12).

Heni menyebutkan total masjid yang rusak berat di Kabupaten Pidie Jaya bertambah menjadi 13 unit. Total bangunan rumah dengan kondisi rusak berat juga bertambah menjadi 86 rumah. “Di Kabupaten Bireueun ada 30 unit rumah dengan kondisi rusak berat,” tambah Heni.

Hingga pukul 17.00 WIB, total korban jiwa sudah mencapai 94 orang, dengan total korban luka sebanyak 536 orang, luka berat sebanyak 125 orang, dan luka ringan sebanyak 411 orang. [Detik]

Related posts