Mensos dukung usulan Pemerintah kirim bantuan untuk Rohingya

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi gudang Bulog di Aceh Besar, Jumat (9/12). (Kanal Aceh/Randi)

Pidie Jaya (KANALACEH.COM) – Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa mendukung usulan pemerintah memberi bantuan untuk Muslim Rohingya di Myanmar. Menurut Khofifah, pemerintah masih memiliki kemampuan memberikan bantuan bagi masyarakat di negara lain.

“Energi kita sebetulnya luar biasa, utamanya untuk saling menjaga kebersamaan saling berbagi antar warga bangsa,” kata Khofifah usai meninjau korban gempa Aceh di Kabupaten Pidie Jaya, Jumat (9/12).

Saat ini, lanjut dia, pemerintah masih fokus menangani korban gempa Aceh, baik penyaluran bantuan logistik, obat-obatan maupun bantuan psikososial. Meski begitu, pihaknya tetap yakin pemerintah masih memiliki kemampuan menyalurkan bantuan untuk pengungsi rohingnya.

Apalagi, katanya, negara-negara di dunia selalu memberikan bantuan jika Indonesia mengalami musibah. “Membantu atas dasar kemanusiaan penting untuk membangun perlindungan sosial antar warga bangsa. Maka yang kita bisa dilakukan adalah mengirim bantuan,” kata Khofifah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan akan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Muslim Rohingnya. Presiden meminta kementerian terkait untuk mempersiapkan bantuan itu. [Republika]

Related posts