Mensos siap salurkan bantuan untuk Muslim Rohingnya

indianaexpress.com

Pidie Jaya (KANALACEH.COM) – Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pihaknya siap menyalurkan bantuan untuk muslim Rohingnya. Menurut Khofifah, bantuan nantinya tergantung dari koordinasi kementerian terkait.

“Kami tentu siap jika diminta menyalurkan bantuan untuk Rohingnya. Namun, pastinya nanti dikoordinasikan dulu. Koordinasi ada di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu),” ujar Khofifah di Aceh, Jumat (9/12).

Khofifah pun menyatakan dukungan atas usulan pemerintah memberi bantuan untuk muslim Rohingya di Myanmar. Menurut Khofifah, pemerintah masih memiliki kemampuan dalam memberikan bantuan bagi masyarakat di negara lain. “Energi kita sebetulnya luar biasa, utamanya untuk saling menjaga kebersamaan saling berbagi antar warga bangsa,” ujar dia.

Saat ini, lanjut dia, pemerintah masih fokus menangani korban gempa Aceh, baik penyaluran bantuan logistik, obat-obatan maupun bantuan psikososial. Meski begitu, pihaknya tetap yakin pemerintah masih memiliki kemampuan menyalurkan bantuan untuk pengungsi rohingnya. Apalagi, katanya, negara-negara di dunia selalu memberikan banuan jika Indonesia mengalami musibah.

“Membantu atas dasar kemanusiaan penting untuk membangun perlindungan sosial antar warga bangsa. Maka yang kita bisa lakukan adalah mengirim bantuan, ” tambah Khofifah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan akan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk muslim Rohingnya. Presiden meminta kementerian terkait untuk mempersiapkan bantuan itu. [Republika]

Related posts