Bill English terpilih jadi PM Selandia Baru

Bill English, PM terpilih Selandia Baru.
--Ads--
loading...

Selandia Baru (KANALACEH.COM) – Bill English, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Keuangan telah terpilih sebagai pemimpin baru Selandia Baru. Terpilihnya Bill setelah Partai Nasional yang berkuasa saat ini melakukan pemungutan suara dalam pertemuan kaukus khusus.

Bill yang tampil sendirian dalam pemilihan telah mengumumkan Menteri Perumahan Sosial, Paula Bennett sebagai wakilnya setelah diadakan pertemuan di gedung parlemen Selandia Baru di Wellington.

Penunjukan Bill, seperti yang sudah banyak diduga sebelumnya, terjadi seminggu setelah John Key secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya sebagai perdana menteri di saat ia sedang berada di puncak popularitasnya.

Ads

“Saya senang dan tersanjung dengan kesempatan ini,” kata Bill.

Ia mengaku akan meneruskan apa yang sudah ditinggalkan oleh John Key.

“Saya akan berusaha untuk membangun pengakuan internasional yang sudah digagas John Key agar Selandia Baru terus menjadi tempat khusus dalam komunitas global, dengan ekonomi yang telah sukses terbuka bagi investasi dan imigrasi,” katanya.

Sejak bergabung dengan parlemen Selandia Baru di tahun 1990, Bill pernah menjabat sebegai menteri di bidang pendidikan, kesehatan dan keuangan.

Sebagai menteri keuangan, kebijakan kuncinya termasuk memprivatisasi sebagian beberapa perusahaan energi milik negara dan maskapai Air New Zealand, serta pemotongan pajak pribadi dan pajak perusahaan, dan meningkatkan pajak barang dan jasa.

Bill memilih untuk menentang rancangan undang-undang pernikahan sejenis yang sukses lolos di tahun 2013, namun kini sebagai pemimpin, ia tidak akan mendahulukan agendanya sendiri.

“Saya mungkin akan memilih berbeda sekarang soal pernikahan gay, saya tidak merasa pernikahan gay adalah ancaman bagi pernikahan orang lain,” katanya.

“Tapi sekali lagi, saya tidak berniat menggunakan posisi ini untuk mencoba dan mempengaruhi isu-isu tersebut.

“Rancangan undang-undang ini sudah ditangani oleh Parlemen dan oleh proses hukum dan saya menerima itu.”

13 tahun lalu, Bill mengambil kendali untuk menyelamatkan kondisi ekonomi yang lebih baik dibandingkan negara-negara maju lainnya, setelah Partai Nasional kalah dari Partai Buruh.

Lembaga pemeringkat Moody berharap Selandia Baru tetap berada di antara negara-negara ekonomi maju dengan peringkat AAA.

Bill telah memilih Steven Joyce, menteri ekonomi pembangunan, untuk menggantikan posisinya sebagai menteri keuangan.

Diperkirakan Bill akan mengumumkan perubahan kabinetnya lebih lanjut dalam beberapa minggu mendatang. Ia pun telah mengisyaratkan kebijakan

Dia diperkirakan akan mengumumkan perubahan kabinet lebih lanjut dalam beberapa minggu mendatang dan juga telah mengisyaratkan akan adanya kebijakan-kebijakan baru. [Viva]