Ratusan pelajar Aceh Tengah ikuti pentas pendidikan Agama Islam

Plt Bupati Aceh Tengah, Drs H Alhudri MM menyalami sejumlah siswa sesaat usai pembukaan pentas PAI tingkat Kabupaten Aceh Tengah di halaman SMP Negeri 2 Takengon, Selasa (13/12). (ist)

Takengon (KANALACEH.COM) – Ratusan pelajar di Aceh Tengah mengikuti pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) yang digelar oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) dan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kabupaten Aceh Tengah.

Kegiatan pentas PAI dibuka oleh PLT Bupati Aceh Tengah, Drs H Alhudri MM di halaman SMP Negeri 2 Takengon, Selasa (13/12), dihadiri Kasdim 0106 Aceh Tengah Mayor Inf Ade Munandar S I Pem, Kakakemenag Amrun Saleh, Kadis Pendidikan Nasaruddin, Kabid PAI Kanwil Kemenag Aceh dan sejumlah kepala sekolah.

Sebelum membuka kegiatan pentas PAI, Alhudri juga memimpin doa dan mengajak peserta bershalawat untuk Nabi Besar Muhammad SAW seiring kegiatan tersebut masih bertepatan dengan peringatan maulid nabi.

Disampaikan Alhudri, pentas PAI merupakan salah upaya untuk mempedomani ajaran Alquran dan mentauladani Rasulullah. “Lewat pentas PAI kita harap adik-adik pelajar dapat mencontoh karakter Nabi Muhammad SAW yang memiliki kepribadian yang luhur,” katanya.

Selain itu kata Alhudri, ajang PAI juga merupakan kegiatan positif untuk mengantisipasi generasi muda dari pengaruh negatif tehnologi informasi.

“Pemanfaatan tehnologi yang tidak tepat akan menggerus nilai-nilai agama dan adat istiadat di kalangan remaja. Karena itu melalui pentas PAI, diharapkan rasa mencintai dan memahami  ajaran agama Islam dapat ditanamkan kepada pelajar,” ujar Alhudri yang saat ini juga masih menjabat Kadis Sosial Aceh.

Menurutnya, penanaman dan pemahaman agama perlu ditanamkan sejak dini dan dimulai dari lingkungan keluarga. “Usia remaja adalah saat yang tepat untuk menggali dan menyerap segala ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk masa depan. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk hal itu,” tambahnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Ridwansyah SAg menyebutkan, ajang tahunan itu untuk mempersiapkan menghadapi pentas PAI tingkat Provinsi Aceh dan Nasional.

“Kegiatan ini untuk mempersiapkan pelajar Aceh Tengah mengikuti pentas PAI tingkat Provinsi Aceh dan Nasional tahun depan,” tuturnya.

Pentas PAI juga katanya, selain ajang silaturrahmi antar pelajar dan guru, juga salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang ilmu agama disemua jenjang.

“Pentas PAI diikuti pelajar tingkat SD, SMP dan SMK sederajat. Berlangsung hingga tiga hari, 13 sampai 15 Desember 2016,” ucapnya.

Pentas PAI yang diikuti dari masing-masing sekolah itu akan berkompetisi di cabang tilawah, khatil quran, takhfizd quran, lomba pidato, nasid, debat PAI dan kreasi busana muslim. [Randi/rel]

Related posts