Putin-Erdogan tawarkan pembicaraan damai Suriah di Astana

Tokyo (KANALACEH.COM) – Presiden Rusia Vladmir Putin telah sepakat dengan koleganya dari Turki, Presiden Recep Tayyep Erdogan, untuk menawarkan pembicaraan damai Suriah di Astana, Kazahkstan.

Kesepakatan itu terjadi setelah keduanya melakukan pembicaraan via telepon pada Kamis kemarin.

“Kami dengan Presiden Erdogan sepakat bahwa kami akan menawarkan kepada sisi yang saling bertentangan, dari pihak kami ke pemerintah Suriah, sementara Presiden Turki ke perwakilan dari oposisi bersenjata, untuk melanjutkan proses pembicaraan damai pada platform damai,” terang Putin.

“Ibukota dari Kazakhstan, Astana, bisa menjadi platform tersebut,” tambahnya dalam konferensi pers saat melakukan kunjungan ke Jepang seperti dikutip dari Sputniknews, Jumat (16/12).

Dijelaskan oleh Putin bahwa pembicaraan tersebut tidak akan menjadi pesaing dari pembicaraan di Jenewa tetapi justru akan melengkapinya. Putin menilai seharusnya hal itu disetujui oleh pihak-pihak terkait.

Putin sebelumnya juga telah menyebut langkah selanjutnya setelah evakuasi warga sipil di Aleppo adalah gencatan senjata nasional.

“Pasukan Suriah telah mencapai keberhasilan yang memungkinkan rakyat Suriah untuk menuju kehidupan biasa mereka dan kembali ke rumah mereka, langkah selanjutnya adalah kesepakatan tentang menghentikan semua pertemuran, semua penembakan,” kata Putin. [Sindonews]

Related posts