Pandangan Susi wujudkan poros maritim dunia

Leonardo DiCaprio puji Menteri Susi
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjianti. (Antara Foto)
--Ads--
loading...

Jakarta (KANALACEH.COM) – Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya mewujudkan visi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Namun, untuk mewujudkan visi tersebut diperlukan kerja sama dan partisipasi masyakarat dalam pembangunan kelautan dan perikanan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan, poros merupakan central of gravity yang mampu menggerakkan sekelililingnya. Di mana semakin kencang poros bergerak, semakin pula mempengaruhi sekelililingnya.

Ads

Hal tersebut yang dinilainya merupakan alasan kuat untuk Indonesia agar bekerja keras dalam menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Kita sharing kebijakan pemerintah yang dilakukan pemerintahan Jokowi-JK dalam rangka menjadikan Indonesia poros maritim dunia. Poros adalah titik asal atau central of gravity. Poros bukan bagian dari jalur atau konektivitas lainnya. Poros membuat aktivitas ekonomi yang menghidupkan sekelililingnya. Prinsip ini menjadikan kita harus bekerja keras,” ujar Susi dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/12).

Dalam kesempatan tersebut, Susi mengharapkan kerja sama dan partisipasi masyarakat Maluku dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan. Terutama dalam membangun pabrik pengolahan ikan atau ekspor ikan ke luar negeri.

Selain itu, dia mengimbau para nelayan untuk selalu berkoordinasi dalam mengawal keamanan lautnya. Jangan sampai ada kapal asing mencuri ikan.

“Nelayan Ambon tidak boleh kalah sama nelayan Thailand. Kalau ada pencuri ikan, langsung saja bakar kapalnya, tidak usah tunggu Menteri Susi datang,” tegasnya. [Sindonews]