HUT Infanteri ke 68 Kodam IM di pusatkan di lapangan Teuku Umar

(ist)

Meulaboh (KANALACEH.COM) – Kodam Iskandar Muda memperingati puncak peringatan Hari Infanteri TNI AD ke 68 Tahun 2016 dipusat di Bumi Teuku Umar tepatnya di lapangan sepak bola Teuku Umar. Upacara dipimpin oleh Kepala Staf Kodam IM Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin berjalan dengan hikmat, Senin (19/12).

Tema peringatan Hari Infanteri tahun ini “Dengan Semangat Yudha Wastu Pramuka, Prajurit Infanteri Bersama Rakyat Kuat, Hebat dan Profesional Guna Meningkatkan kemanunggalan TNI Rakyat Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI AD.

Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri Kodiklat TNI AD Mayjen TNI Surawahadi dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam IM mengatakan, komitmen dan tekad yang kuat prajurit dan satuan Infanteri untuk menjadi tangguh, profesional dan modern, sebagai  petarung yang handal dalam pertempuran.

Selain itu, makna dari tema peringatan Hari Infanteri tahun tersebut juga memancarkan semangat pengabdian dan perjuangan tanpa akhir untuk terus memperkokoh kemanunggalannya dengan rakyat serta membangun sinergitas dengan segenap komponen bangsa lainnya sebagai kekuatan bela negara dalam sistem pertahanan semesta.

Dalam upacara di tampilkan pasukan tradisional memakai seragam dan menirukan gerakan pasukan yang digambarkan sebagai pejuang-pejuang terdahulu dengan membawa bendera merah putih yang di akhiri dengan meminum dan pembelahan dengan kelapa muda  yang diiringi dengan letusan senapan LE oleh pasukan tradisional.

Kemudian rangkaian upacara di akhiri pembacaan Amanat Panglima Besar Jendral Soedirman dan pengucapan Ikrar Corp Prajurit Infanteri serta penyerahan simbol dan penyerahan Duplikat Bendera Yudha Wastu Parmuka dan duplikat Patatka Kodam IM.

Upacara yang disusun dalam 3 Batalyon upacara terdiri peserta upacara seluruh peserta tonting dari Satuan Tempur dan Satbanpur, 1 Peleton Brimob, 2 Peleton Polres, 1 ton Peleton Satpol PP,1 Peleton Perhubungan,1 Peleton PKK, 1 Peleton Pelajar, 1 Peleton Ormas dan 1 Peleton Pramuka.

Hadir dalam upacara tersebut Irdam, Danrindam IM, para Danrem, para Pa Ahli Pangdam, para Asisten Kasdam, Forkompimda Aceh Barat, para Dan/Kabalakdam/Disjan, para Dandim, para Danyonif  dan Tokoh masyarakat, serta undangan lainnya. [Randi/rel]

Related posts