Kegiatan sekolah di Pidie Jaya dimulai 3 Januari

Sejumlah pelajar Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) mengikuti proses belajar mengajar di tenda darurat pasca sekolah mereka roboh akibat gempa 6,5 SR di Desa Paru Keude, Kecamatan Bandar Baro, Pidie Jaya, Aceh, Jumat (16/12). (Antara Foto)

Meureudu (KANALACEH.COM) – Pemerintah memprioritaskan kegiatan belajar mengajar berjalan normal pascagempa bumi Pidie Jaya Aceh pada 3 Januari mendatang. Data BNPB ada 271 bangunan sekolah rusak dan 86 sekolah rusak berat.

Klaster Pendidikan telah melakukan verifikasi lapangan terhadap gedung sekolah di Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Pidie dan Kabupaten Bireuen. Tim memprioritaskan 86 sekolah rusak, dan hari ini Selasa (20/12), sudah diverifikasi 13 lokasi. Verifikasi dilakukan Oleh Kementerian PU PERA, Kemendikbud, BPKP, BNPB dan dinas terkait.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR, Danis H Sumadilaga mengatakan akhir Januari akan ditargetkan sekolah sudah menggunakan bangunan sekolah darurat/sementara.

“Dan sudah tidak ada lagi yang belajar di bawah tenda,” ujarnya, Selasa (20/12).

Sekretaris Utama BNPB, Dody Ruswandi mengatakan dalam keadaan darurat kita semua terlindungi oleh UU No.24 tahun 2007.

“Jalankan saja yang sudah terverifikasi di 13 lokasi yang sudah ditentukan. Silakan bangun kelas darurat, namun tetap memenuhi syarat standar keamananan kegiatan belajar mengajar” ujarnya.

Pemerintah menargetkan pembangunan permanen sekolah selama 6 bulan pengerjaan dan bangunan keseluruhan sekolah ditargetkan akhir tahun 2017.

Targetnya adalah pembangunan kembali semua bangunan yang rusak akibat gempabumi. Namun prioritas pertama adalah fasilitas umum, seperti sekolah, masjid, dan sebagainya. [Republika]

Related posts