Menristekdikti anggarkan Rp3,7 triliun untuk beasiswa 2017

Kemenkeu Batasi Penerima Beasiswa ke Luar Negeri
Ilustrasi beasiswa (eventsstyle)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Muhammad Nasir, mengalokasikan anggaran beasiswa sebesar Rp3,7 triliun pada 2017.

Alokasi anggaran tersebut akan ditujukan bagi mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di seluruh Indonesia.

“Alokasi anggaran untuk beasiswa pada 2017 sebesar Rp 3,7 triliun. Alokasi ini untuk pembiayaan beasiswa bidikmisi, beasiswa pembinaan prestasi akademik (PPA) maupu jenis beasiswa lain untuk mahasiswa PTN dan PTS,” ujar Nasir di Gedung Kemenristekdikti, Selasa (20/12).

Dia melanjutkan, jumlah seluruh mahasiswa PTN dan PTS sebanyak 7,5 juta orang. Dari jumlah itu, baru 260 ribu kesempatan untuk beasiswa bidikmisi dan 100 ribu kesempatan yang dialokasikan untuk beasiswa PPA.

Menurut Nasir, jika kebutuhan beasiswa bagi satu mahasiswa PTN sebesar Rp 1,5 juta, maka baru ada 150 ribu mahasiswa yang bisa dibiayai oleh Kemenristekdikti.

“Karena itu, kami berusaha mencari sumber dana lain untuk beasiswa, misalnya dari pihak swasta. Sebab, masih banyak mahasiswa kurang mampu yang layak menerima beasiswa untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. Khususnya bagi mahasiswa di daerah timur Indonesia, ” tambah Nasir. [Republika]

Related posts