Nasaruddin: komunitas Gayo harus berperan dalam pembangunan Aceh

  • Whatsapp
Cawagub Aceh, Nasaruddin ketika disambut warga‎ Bengkelang, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang. (ist)

Kuala Simpang (KANALACEH.COM) – Calon Wakil Gubernur Aceh pasangan Zaini Abdullah, Nasaruddin menyebutkan bahwa Komunitas Masyarakat Gayo yang tersebar di seluruh Aceh harus berperan dalam membangun Aceh.

 “Peran keluarga besar masyarakat Gayo tidak dapat dipisahkan dari sejarah Aceh dan kedepan peran tersebut harus dipertahankan bahkan semakin ditingkatkan,” ungkap Nasaruddin ketika bersilaturrahmi dengan komunitas masyarakat Gayo di Bengkelang, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang, Minggu (18/12) malam.

Peran untuk membangun Aceh tersebut kata Nasaruddin dapat diwujudkan, walaupun komunitas Gayo saat ini berdomisili tersebar di Aceh bahkan di Nusantara.

 Menurut Nasaruddin, sebaran utama komunitas Gayo ada di tanah Alas  disebut Gayo Alas, ada yang ke Blangkejeren disebut Gayo Lues, ada yang di Aceh Tengah dan Bener Meriah yang populer disebut Gayo Lut.

Selanjutnya ada yang tersebar ke Lokop Serbajadi Aceh Timur hingga disebut Gayo Lokop dan ada juga yang ke Kalul Aceh Tamiang atau disebut Gayo Kalul yang hingga kini menetap di Kecamatan Tamiang Hulu, Kecamatan Bandar Pusaka dan sekitarnya.

“Semua komunitas Gayo di Aceh mempunyai ikatan persaudaraan yang kuat dan bahu membahu dengan semua etnis yang ada di Aceh untuk membangun Aceh,” ujar Nasaruddin.

Lebih lanjut Nasaruddin mengatakan keikhlasan seorang Zaini Abdullah sebagai calon Gubernur Aceh yang memilih calon Wakil Gubernur dari wilayah tengah Aceh harus dijawab dengan bukti persatuan dan membulatkan suara untuk mendukung Zaini Abdullah-Nasaruddin (AZAN) pada Pilkada 2017 mendatang.

“Kita punya tanggung jawab terhadap generasi masa depan Aceh dan bagaimana mewujudkan pembangunan yang lebih merata di Aceh, karena itu tidak ada pilihan lain selain dengan bersatu dan kompak,” demikian Nasaruddin. [Randi/rel]

Related posts