12 tahun tsunami, mahasiswa Aceh di Semarang nobar film ‘Before the Flood’

Shaivannur saat berdiskusi usai menonton film 'Before the Flood'. (Ist)

Semarang (KANALACEH.COM) – Ikatan Pelajar Aceh Semarang (IPAS) menggelar acara peringatan 12 tahun tsunami Aceh di Asrama Pocut Meurah Intan, Semarang, Senin (26/12).

Acara itu diisi dengan pembacaan doa dan ceramah yang disampaikan oleh Ketua Ikatan Masyarakat Aceh Semarang, Zarkasy. Setelah itu ditutup dengan nobar film ‘Before the Flood’ yang merupakan sebuah film dokumenter yang disutradarai oleh Fisher Stevens.

Di dalam film berdurasi 1 jam 36 menit ini menceritakan bagaimana aktivitas manusia dapat menyebabkan perubahan iklim dunia. Di dalam film ini juga menampilkan satwa-satwa yang ada di Leuser, Aceh.

Koordinator pemutaran film, Shaivannur menjelaskan, nobar ini sembari berdiskusi terkait perubahan iklim yang sangat dekat dengan manusia.

“Teman-teman mahasiswa adalah generasi penerus, merekalah yang nantinya menjaga alam ini,” katanya.

Shaivannur menambahkan, kawasan Leuser di Aceh sedang dalam ancaman, akibat kerusakan hutan yang menyebabkan intensitas banjir semakin meningkat.

Musibah yang kerap terjadi, ujarnya, tidak terlepas dari degradasi alam. Gempa, banjir, dan angin topan merupakan akibat dari perubahan iklim yang sangat ektrim.

“Hari ini perubahan iklim sudah berada pada takaran yang menakutkan,” sambung Shaivannur.

Dikatakannya, melalui film ini dapat dilihat berbagai aktivitas manusia yang dapat mengubah iklim serta dampaknya di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. [Aidil/rel]

Related posts