Pemuda Aceh bersama Kemendikbud adakan trauma healing di Pidie Jaya

LSM IPA bersama Kemendikbud mengadakan taruma healing di Pidie Jaya. (Ist)

Meurudu (KANALACEH.COM) – LSM Inspirasi Pemuda Aceh (IPA) bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan trauma healing untuk anak sekolah di kabupaten Pidie Jaya pada Selasa (27/12).

Kegiatan ini akan dilaksanakan di 8 sekolah, yang dibagi menjadi 4 SD dan 2 SMP serta 2 SMA yang dimulai pada Selasa (27/12) hingga Kamis (29/12) dengan melibatkan tim seniman Aceh, seperti Bang Jhoni Kapluk dan Nek Mando, serta Konselor dari Universitas Jabal Ghafur Teuku Syahwal.

Menurut Ismi Amran selaku Sekretasis LSM IPA mengatakan, trauma healing sangatlah penting, melihat banyak anak-anak korban bencana alam mengalami trauma dan ketakutan yang berlebih ketika harus sekolah jauh dari orang tua mereka.

“Trauma healing untuk anak-anak dilakukan dalam bentuk bermain atau hiburan agar mereka kembali tersenyum dan melupakan pengalaman yang tidak mengenakkan, sehingga dapat membantu anak keluar dari berbagai perasaan yang menakutkan seperti depresi dan lainnya,” ujarnya.

Kepala SDN Beuracan, Kecamatan Meurudu M Jakfar Daud mengatakan trauma healing ini sangat bermanfaat. Semoga semua murid bisa belajar sebagaimana biasanya, dihari pertama ini baru ada sekitar 50% siswa yang hadir mungkin sebagian lagi masih enggan ke sekolah.

“Hari ini saya dan guru-guru disini sangat senang dengan kehadiran bang Jhoni dan Nek Mando yang sangat menghibur, kami melihat anak-anak sudah tersenyum dan bahkan yang enggan ke sekolah pun ikut hadir dan mengikuti trauma healing,” pungkas Jakfar. [Aidil/rel]

Related posts