Empat manfaat selfie menurut studi ilmiah

Ilustrasi Selfie. (Shutterstock)

(KANALACEH.COM) – Siapa yang tak suka selfie? Beberapa tahun belakangan, fenomena ini hadir seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi. Seperti candu, fenomena ini menjangkiti berbagai kalangan usia dan tak kenal status sosial.

Kegiatan selfie ini kadang identik dengan perilaku negatif dan cenderung membahayakan, karena pelakunya seringkali mengabaikan keselamatannya saat melakukan selfie. Selain itu, selfie identik dengan sifat narsis dan hobi pamer.

Namun, di balik segala dugaan negatif tentang selfie, tidak sedikit penelitian yang membuktikan bahwa kegiatan ini ternyata memiliki sisi positif.

Berikut empat penelitian ilmiah yang menyebutkan manfaat dari kegiatan selfie:

1. Membuat hidup lebih bersemangat

Peneliti dari University of California Irvine (UCI) menemukan bahwa mereka yang sering selfie sambil tersenyum tanpa dipaksa akan merasa lebih bersemangat dan mempunyai citra positif yang lebih tinggi.

2. Memberi motivasi dan rasa nyaman pada diri sendiri

Psikolog Jessamy Hibberd mengatakan bahwa komentar positif yang datang dari orang lain terhadap unggahan foto selfie, dapat memberikan motivasi dan dapat meningkatkan semangat seseorang dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Selain itu, kualitas hasil foto selfie yang baik mampu membuat seseorang merasa lebih nyaman dengan dirinya sendiri.

3. Mampu mendeteksi penyakit

Selfie membantu mendeteksi penyakit tertentu seperti eksim atau anemia. Hal ini juga didukung oleh peneliti dari Universitas Colorado, April Armstrong. Dia mengungkapkan bahwa selfie dapat membantu mendeteksi perubahan yang terjadi pada kulit.

Bahkan, dua mahasiswa kedokteran di Australia membuat aplikasi bernama Eyenaemia, yaitu aplikasi yang bisa mendeteksi anemia melalui mata seseorang.

4. Penyambung aspirasi 

Selfie bisa menjadi sarana pergerakan sosial dan media alternatif untuk menyuarakan aspirasi.

Hal ini dilakukan oleh penyanyi asal Amerika Serikat, Alicia Keys yang melakukan kampanye tanpa riasan wajah bagi perempuan yang bertujuan untuk mendorong perempuan agar tampil cantik dengan caranya masing-masing, hanya dengan mengunggah beberapa selfie wajahnya yang terlihat natural pada akun Instagramnya. [Viva]

Related posts