Harga cabai mahal karena masalah distribusi

  • Whatsapp
Pasca erupsi Sinabung, harga cabai di Banda Aceh naik
Cabai. (liputan6.com)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Komoditas cabai beberapa waktu terakhir ini mengalami harga yang melambung tinggi lantaran kondisi cuaca yang tidak menentu. Namun, selain karena kondisi cuaca kendala distribusi pasokan juga punya andil besar dalam melonjaknya harga cabai.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan mengatakan telah melakukan koordinasi dengan perusahaan BUMN PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) untuk mengatasi masalah distribusi cabai.

“Saya bilang itu PPI untuk berkomunikasi di mana sentral produksi yang ada karena masalahnya itu. Sekarang contoh di Sumatera, ceritanya itu jalannya rusak gimana, masok-nya ke sana bagaimana, sampai-sampai di Sumbar (Sumatera Barat) untuk cabai merah diekspor pakai pesawat, karena tadi jalannya rusak karena itu cuaca,” jelas dia di Kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (4/1).

Dia mengungkapkan, saat ini jumlah pasokan cabai tidak memiliki kendala yang berarti, sehingga tidak terlalu berdampak pada perubahan harga.

“Cuma distribusinya terhambat, itu salah satunya cuaca, kondisi jalan enggak bagus dan sebagainya, antrean terlalu banyak maka kemarin Pak Menteri (Mendag) langsung mengambil langkah, karena ada pembatasan kendaraan dan untuk segera menyiapkan dari sebulan sebelumnya,” tandasnya. [Okezone]

Related posts