Banjir landa Ujung Batee, badan jalan terancam amblas

  • Whatsapp
(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Banjir bandang menerjang Kompleks Perumahan Ujong Batee Permai, Desa Neuheuen, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar. 

Kepala Kompleks Perumahan Ujong Batee Permai, drh Firdaus Ismail yang mengatakan, air bah mulai menerjang menjelang zuhur, Sabtu (7/1) bersamaan dengan hujan deras.

 

“Air bercampur lumpur mengalir deras ke lembah menyapu kompleks perumahan dalam areal hampi mencapai 100 hektare,” kata Firdaus.

 

Hingga saat ini air dari pegunungan masih terus meluap ke permukiman hingga melewati Jalan Nasional Banda Aceh-Krueng Raya. Ketinggian air di kompleks perumahan berkisar antara 1 hingga 1,5 meter.

 

“Banyak rumah yang rusak namun rinciannya masih dalam pendataan,” kata Firdaus.

 

Badan Jalan Nasional Banda Aceh-Krueng Raya, sekitar restoran Haji Dan (Km 16) terancam putus bahkan sudah diterapkan larangan melintas karena gorong-gorong di bawah badan jalan tersebut sudah tergerus.

 

“Hampir setengah badan jalan sudah longsor sedangkan bagian yang tersisa sudah membentuk terowongan di bawahnya sehingga lapisan aspal menggantung menunggu amblas,” lapor seorang relawan RAPI di lokasi kejadian.

 

Terjangan banjir bandang tersebut dilaporkan juga menyapu Kompi Brimob Ujong Batee dan sejumlah fasilitas publik lainnya.

 

Warga kompleks sudah meninggalkan rumah masing-masing mengungsi ke lokasi aman, seperti ke ruas Jalan Nasional Banda Aceh-Krueng Raya.

“Kami sangat mengharapkan bantuan secepatnya,” demikian Kepala Kompleks Perumahan Ujong Batee Permai. [Serambi]

Related posts