Banjir di Nagan Raya, kodim dan pemerintah bantu korban

Anggota TNI membantu korban banjir Nagan Raya. (Ist)

Suka Makmue (KANALACEH.COM) – Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Nagan Raya sejak tanggal 5 Januari 2017 lalu, dengan intensitas yang cukup tinggi telah mengakibatkan banjir dan merendam tiga kecamatan.

Tiga Kecamatan yang terendam banjir, yakni Kecamatan Tripa Makmur,  Darul Makmur, dan Kecamatan Tadu Raya. Dari ketiga kecamatan tersebut, Kecamatan Tripa Makmur merupakan kecamatan yang paling parah terkena dampak banjir, hampir di 11 desa sampai saat ini masih terendam banjir.

Menindaklanjuti bencana tersebut, Kodim 0116/Nagan Raya bersamabadan penanggulangan bencana daerah (BPBD) dengan cepat melaksanakan kegiatan tanggap darurat dengan melaksanakan proses evakuasi masyarakat ke lokasi-lokasi yang tidak terkena banjir serta bekerjasama dengan pemerintah desa membuat dapur-dapur umum.

Dalam pelaksanaan tanggap darurat ini, Kodim 0116/Nagan Raya mengerahkan 78 orang personel untuk bersama-sama BPBD membantu proses penanganan bencana banjir.

Di samping personel, Kodim 0116/Nagan Raya dan BPBD juga  menyiagakan 2 unit LCR, 6 unit tenda serba guna, dan 4 unit dapur lapangan.

Informasi yang didapat, banjir yang telah merendam 894 unit rumah masyarakat tersebut diantaranya 14 rumah di Kecamatan Darul Makmur, dan 880 rumah di Kecamatan Tripa Makmur.

Untuk meringankan beban masyarakat, Bupati Nagan Raya juga mengeluarkan cadangan beras sebanyak 11,1 ton untuk masyarakat korban banjir.

Sebelumnya Kodim 0116/Nagan Raya juga telah mendistribuikan logistik masa panik berupa, Beras 64 sak, Indomie 130 kotak, Air mineral 70 dus, Plastik terpal 24 lembar, Kecap 10 dus, dan Sarden 7 lusin.​ [Aidil/rel]

Related posts