Abu keunee: Zaini Abdullah tokoh ideologis GAM

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ditengah – tengah rombongan tim kampanye azan yang menyambangi warga lampaseh kota pada Selasa (10/1) sore, ada sosok lelaki renta yang tampak asing. Mengenakan kemeja putih serta peci hitam, lelaki tersebut tampak tenang mengikuti setiap tahapan acara.

Sosok yang berpenampilan sederhana itu adalah Tgk abdurrahman. Masyarakat Aceh, terutama di geumpang -tempat tinggal beliau – mengenalnya dengan panggilan abu keunee.

Abu keunee merupakan Cucu dari pahlawan Aceh, Tgk chik Ditiro. Beliau juga merupakan sepupu deklarator Aceh Merdeka, almarhum wali Hasan Muhammad Ditiro.

Dalam kampanye dialogis kali ini, Abu keunee tampak duduk besisian dengan calon gubernur Aceh no. Urut 4 dr. H. Zaini Abdullah. Abu keunee tampak antusias mendengar orasi politik yang disampaikan oleh para juru kampanye.

Ketika ditanya alasannya hadir dalam kegiatan kampanye calon gubernur yang merupakan mantan menteri kesehatan GAM pada tahun-tahun pertama perjuangan tersebut, Abu keunee menjelaskan bahwa Zaini Abdullah adalah salah satu kalangan intelektual Aceh yang konsisten pada perjuangan.

“sejak awal perjuangan beliau bersedia meninggalkan keluarga dan segala kenikmatan hidup untuk bersama-sama wali Hasan Ditiro naik ke gunung”. Kisah nya sembari menambahkan bahwa kedekatan antara beliau dan abu doto karena faktor ideologis.

“Zaini Abdullah adalah salah satu tokoh ideologis dalam tubuh GAM yang konsisten terhadap perjuangan. Bahkan hingga usianya tak lagi muda. Idealisme beliau tak dapat di pengaruhi oleh kenikmatan dunia”. Imbuhnya

Pada kesempatan tersebut turut hadir istri dr. H. Zaini Abdullah, Ummi Niazah A. Hamid serta penasehat tim pemenangan AZAN Muzakkir A Hamid. [Randi/rel]

Related posts