Mahasiswa UIN Ar-Raniry bentuk kelompok usaha pengolahan eceng gondok

Mahasiswa KPM UIN Ar-Raniry di Desa Peulanteu, Arongan Lambalek, Aceh Barat mengajarkan kaum ibu soal pengolahan eceng gondok. (Ist)

Meulaboh (KANALACEH.COM) – Usaha mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) UIN Ar-Raniry Banda Aceh di Desa Peulanteu, Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat patut diacungi jempol.

Pasalnya, mahasiswa KPM ini berhasil membentuk kelompok usaha produktif desa berupa pengolahan eceng gondok menjadi berbagai variasi produk yang nilainya terbilang tinggi.

Adapun produknya bisa berupa item rumah tangga maupun berbentuk aksesoris lainnya.

Kegiatan ini hanya difokuskan kepada pemberdayan ekonomi perempuan desa saja, baik ibu-ibu maupun remaja-remaja perempuan yang tidak punya pekerjaan.

“Kami bangga kepada mahasiswa KPM UIN ini, mereka membuat kampung kami jadi berduit dan mandiri,” ujar salah seorang anggota kelompok usaha.

Ketua KPM Desa Peulanteu, Hamli Akbar berharap usaha ini bisa memberi kontribusi besar untuk masyarakat, khususnya di Desa Peulanteu agar lebih mandiri dan tetap berkelanjutan.

“Pemerintah harus memperhatikan usaha-usaha kreatif seperti ini,” harap Hamli yang juga seorang pekerja seni rupa (Selotip Art). [Aidil/rel]

Related posts