Ini alasannya di hari pertama Imlek dilarang menyapu rumah dan keramas

Tahun ayam api, geluti bisnis ini
(nationalgeographic.co.id)

(KANALACEH.COM) Perayaan Imlek atau Tahun baru China tidak lepas dari tradisi leluhur yang masih dipertahankan, termasuk mitos dan kepercayaannya. Di hari pertama Imlek bahkan ada beberapa kepercayaan yang harus diikuti untuk menjaga keberuntungan.

Larangan menyapu rumah misalnya, mungkin terdengar kontradiktif dengan kata perayaan yang biasanya diikuti dengan kegiatan bersih-bersih. Selain itu, ada beberapa kepercayaan yang diparodikan dalam video berikut.

Dilarang cuci rambut

Mencuci rambut selama Imlek, menurut kepercayaan orang terdahulu, tidak baik karena dianggap akan mencuci hoki atau keberuntungan. Larangan ini berlaku pada hari pertama Imlek.

Menyapu rumah

Di hari pertama Imlek, menyapu rumah sebaiknya tidak dilakukan. Ini dipercayai karena menyapu dianggap akan menghapus semua hoki yang ada di dalam rumah.

Pakai baju merah lebih baik

Warna merah yang menjadi ciri khas budaya China juga dianggap akan mendatangkan keberuntungan selama hari pertama Imlek.

Bayar hutang

Kepercayaan ini mungkin baik sebagai awal tahun baru. Berhutang dilarang dilakukan saat menyambut Imlek, sebaliknya melunasi hutang sangat disarankan.

Hujan itu berkah

Tahun baru China yang jatuh setiap musim hujan dianggap mendatangkan keberuntungan di oleh komunitas China di nuasantara. Semakin deras hujan yang turun, maka akan semakin deras juga rezeki yang akan diterima nantinya. [Okezone]

Related posts