Menkopolhukam pastikan Pilkada Aceh aman

Luruskan pernyataan Panglima TNI, Wiranto sebut 500 pucuk senjata untuk Pendidikan BIN
Dokumentasi - Menkopolhukam, Wiranto usai menggelar pertemuan tertutup dengan Forkopimda dan sejumlah Plt Bupati, Walikota, dan Gubernur Aceh di Kantor Gubernur Aceh, Jumat (27/1). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Salah satu daerah yang paling rawan terkait pelaksanaan pilkada 2017 ini ialah Aceh. Namun, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto memastikan Pilkada di Aceh akan berjalan aman.

Hal itu dikatakan Wiranto kepada wartawan usai menghadiri rapat dengan seluruh pelaksana tugas yang ada di Aceh, di gedung serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Jumat (27/1).

Ia menjelaskan, Aceh memiliki indeks kerawanan paling tinggi, karena dalam Pilkada serentak kali ini mayoritas ada di Aceh yang terdiri dari 20 kabupaten/kota dan satu provinsi yang melaksanakannya.

Laporan yang diterima dari Plt Gubernur Aceh, kata dia, secara menyeluruh menyimpulkan bahwa Aceh sudah siap untuk menyelenggarakan Pilkada serentak dengan kesiapan yang cukup prima.

“Artinya bila indeks kerawanan pilkada itu bisa di tekan maka pelaksanaan pilkada akan aman,” katanya.

Untuk itu, apabila hal tersebut bisa dijalankan ia memastikan pelaksanaan Pilkada akan berjalan aman dengan tidak ada gangguan, tertib pelaksanaan sesuai prosedur yang berlaku dan sukses dalam hal memilih pemimpin yang dipilih sesuai kualitas dan integritas.

“Itu yang saya simpulkan bahwa Aceh betul betul sudah siap menjalankan pilkada,” ujarnya.

Tambahnya, hal itu juga diperkuat oleh seluruh pelaksana tugas yang ada di daerah yang sudah berkomitmen akan menjaga keamanan pilkada di daerah masing-masing.

“Ketika saya tanyakan semua ke pelaksana tugas mengenai kesiapannya menjalankan Pilkada, semua mengatakan siap,” tambahnya.

Ia juga mengharapkan partisipasi masyarakat juga dibutuhkan dalam menjaga pilkada kali ini. Sebelumnya, rapat antara pelaksana tugas bupati/walikota dan gubernur tersebut digelar secara tertutup. [Randi]

Related posts